Insta 360 One

Jual Kamera Insta 360 Derajat

Merek Insta360 pastinya sudah tidak asing lagi di kalangan konsumen pencinta produk fotografi 360, dan Insta 360 One adalah perangkat terbaru yang dirancang untuk merekam selfie dengan sudut pandang 360 derajat. Insta 360 One menawarkan resolusi video 4K, dengan tetap mempertahankan 24 megapixel pada kameranya. Produk Insta360 teranyar ini mampu beroperasi dalam mode terpisah dengan ponsel Anda sebagai pengontrol Bluetooth, atau dicolokkan langsung ke iPhone Anda dan menjadikan layar ponsel sebagai viewfinder.

Kamera Insta360 terbaru memiliki sejumlah peningkatan, termasuk hadirnya fitur untuk memilih sudut dan mengekspor klip video 1080p (non-surround) dari perspektif yang Anda pilih, dan peningkatan pada image stabilization supaya pengambilan video secara handheld jadi lebih halus. Kini Anda bisa membuat efek video ‘bullet time’ dalam gerakan lambat menggunakan metode pengambilan gambar yang kreatif – memutar kamera di atas kepala dengan cepat, dengan menggunakan tongkat selfie atau seutas tali untuk membuat video slow motion 360 jadi lebih keren.

Tali yang disebutkan tadi termasuk dalam pembelian Insta 360 One. Tali ini nantinya bisa disekrup ke lobang tripod yang ada di bagian bawah kamera untuk pengambilan video dengan efek bullet time. Tali ini juga nantinya tidak akan terlihat dalam hasil video (terhapus secara otomatis dalam proses pengeditan), begitu juga dengan tongkat selfie yang digunakan di kamera. Dengan begitu, hasil gambar atau video jadi lebih baik dan bebas gangguan.

pemasangan tali pada insta 360 one

Kamera Insta 360 One memiliki lobang tripod pada bagian bawahnya. Selain itu, alat ini dilengkapi dengan casing pelindung yang berfungsi ganda sebagai penyangga. Fitur pengoperasian jarak jauh memungkinkan Anda untuk tidak harus selalu dekat dengan kamera ini. Kendati demikian, Insta 360 One juga bisa dipasang langsung di iPhone Anda ketika ingin melihat apa yang Anda rekam.

insta360
insta 360 one terpasang di iphone

Kedepannya, versi Android akan segera hadir, jadi jangan berkecil hati bagi kalian pengguna android. Dalam pengambilan gambar, Anda bisa pilih opsi RAW untuk gambar dan format Log untuk video. Itu artinya Anda dapat mengedit file yang dihasilkan. Kamera ini juga mendukung fitur time-lapse serta pengaturan kamera secara manual. Opsi outputnya juga menawarkan berbagai pilihan yang berbeda.

Kamera ini tergolong yang terbaik untuk kateori kamera 360 karena didukung beragam opsi serta menghasilkan foto dan video dengan kualitas sangat baik, meski dengan harga yang terbilang masih terjangkau. Fitur image stabilization, stitching dan app bawaannya memudahkan Anda dalam membuat dan berbagi konten yang Anda rekam dengan mudah.

Insta360 One juga mendukung streaming Facebook Live, sangat berguna jika Anda doyan “memamerkan” acara-acara tertentu. Selain itu, fitur ekspor video 1080p-nya membuat Anda lebih percaya diri untuk merekam apa saja. Anda bahkan dapat melacak subyek tertentu menggunakan fitur yang disebut “SmartTrack,” yang bisa digunakan untuk menandai wajah dengan kualitas video 1080p (non surround).

insta smart track
fitur smart track

Remote bluetooth dan tongkat selfie dijual terpisah sebagai aksesoris tambahan. Nantinya Insta 360 bakal mengeluarkan produk casing anti-air, cocok bagi kalian yang suka diving dan olahraga ekstrim. Dengan casing tersebut, kamera ini aman dibawa hingga ke kedalaman 30 meter.

Timelapse

Saya sangat menyukai fitur time-lapse. Fitur ini memberi Anda opsi untuk menggunakan semua frame/foto secara terpisah untuk kemudian diedit, atau video yang bisa langsung diekspor atau share.

Anda dapat mengatur durasi dan tingkat interval, dan tersedia info mengenai durasi video yang dibuat (diputar ulang pada 30fps) dan seberapa besar file itu nantinya.

Catatan: Anda hanya dapat menggunakan fitur timelapse saat mengoperasikan kamera dari jarak jauh melalui bluetooth.

Mounting Standar

Kamera ini memiliki lobang tripod berukuran standar 1/4 inci di bagian bawah. Jadi, kamera ini cocok dengan kebanyakan tripod dan monopod di pasaran. Bahkan, ada banyak pengguna yang memasang kamera ini di helm, mobil dan drone, tentunya dengan cara mereka sendiri.

Gunakan Insta360 dari Jarak Jauh

Penggunaan kamera tidak hanya sebatas saat dicolokkan ke ponsel Anda saja. Anda juga dapat mengoperasikannya secara mandiri menggunakan tombol yang berada di samping bodi kamera atau secara jarak jauh menggunakan perangkat handphone ber-bluetooth.

Untuk mengoperasikannya dari jarak jauh, cukup unduh aplikasi Insta360 One, hidupkan bluetooth di hp Anda dan hubungkan perangkat. Sesederhana itu dan tidak perlu pairing faff dengan kata sandi. Anda harus memiliki kartu micro SD yang dimasukkan ke kamera supaya fitur bluetooth bisa berfungsi.

Sayangnya, fitur live view tidak tersedia saat mengoperasikan kamera melalui hp. Yang bisa Anda lihat di hp hanyalah pengaturan kamera dan level baterai.

Rumah / pelindung kameranya, sewaktu tidak digunakan, bisa berfungsi sebagai dudukan kamera. Dengan begitu, Anda bisa keluar dari frame dan mengambil video dari jarak jauh.

6 Axis Stabilization

Berkat 6 axis stabilization, hasil pengambilan video jadi lebih halus dan tidak mengharuskan Anda memegang kamera secara tegak lurus. Bahkan ketika Anda memegang kamera pada sisinya, saat meninjau rekaman, level horizon akan tetap terjaga.

Mempertimbangkan untuk Upgrade dari Insta360 Nano?

Satu-satunya kekurangan Insta360 One dibandingkan Nano adalah bodinya yang sedikit lebih besar dan lebih berat daripada Nano. Selain dimensi dan bobot, One unggul di segala aspek sehingga keputusan untuk upgrade adalah pilihan terbaik. Pada dasarnya, Insta360 adalah perbaikan dari apa yang masih kurang di Nano dan produk pesaing lainnya.

Penyimpanan Data

Kamera Insta 360 One menyimpan hasil rekaman dan foto ke kartu MicroSD yang terletak di bagian bawah kamera. Meski dari sananya tersedia dengan SD card 8GB, Anda dapat menukarnya dengan MicroSD berkapasitas 128GB.

Mencoba Kamera dalam Kondisi Low Light

Meski hanya mengandalkan sensor berukuran kecil, hasil yang didapat masih terbilang ok punya. Untuk menggambarkannya, hasil kamera 360 One dalam kondisi minim pencahayaan mirip dengan kualitas foto low light dari iPhone 6. Yang pasti, kualitas gambarnya jauh lebih bagus dari Insta360 Nano.

Streaming Langsung ke-Platform Media Sosial

Di dunia di mana orang sering berbagi aktivitas di sosial media, Insta360 membuat proses streaming cepat dan mudah hanya dengan sekali klik. Fitur ini memungkinkan teman, keluarga, atau fans untuk berinteraksi dengan Anda secara real time.

Meski persaingan di kategori kamera 360 semakin ketat, Insta 360 One sepertinya bakal menjadi favorit karena fitur yang melimpah dengan harganya yang 5 juta-an. Jika kamu ingin mencoba kamera 360 dan Anda pengguna Iphone, rekomendasi saya adalah Insta 360 One.

SPEK INSTA 360 ONE
Device specifications
Aperture F2.2
Photo resolution 24 MP (6912*3456)
Video resolution 3840*1920@30fps, 2560*1280@60fps, 2048*512@120fps(bullet time)
Photo format insp, jpeg, RAW
Video format insv, mp4, LOG
Stabilization Built-in 6-axis gyroscopic stabilization
Compatible devices iPhone X, iPhone8/8 plus, iPhone 7/7 plus, iPhone 6s/6s plus, iPhone 6/6 plus, iPhone SE
iPad Pro(10.5-inch), iPad Pro(9.7-inch), iPad Pro(12.9-inch), iPad mini4, iPad Air 2
Photo, video specifications
Photo modes Standard 360 photos, timed 360 photos
Video modes Standard 360 video, time-lapse mode, bullet time
Live-streaming 360 live-streaming, FreeCast (user controls visual perspective)
Exposure modes Auto, Manual(Shutter 1/4000s-60s, ISO 100-3200), Shutter Priority(1/4000s-2s), ISO Priority(100-3200)
WB Auto, Cloudy, Sunny, Fluorescent, Incandescent
EV -2EV~+2EV
Design
Color Black
Weight 82g
Dimensions 96mmx36.5mmx25mmDxWxH
Storage&Connectivity
Bluetooth BLE4.0
Lightning Lightning connector
USB Micro-USB 2.0
SD Card Supports UHS-I, exFAT(FAT64) format; max storage capacity is 128 GB
Battery
Battery Capacity 820mAh5V1A
Charging method Micro-USB
Insta 360 One
4 (80%) 3 votes

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *