Video Conference

 

Jual Video Conference

Melotronic.com menjual perangkat video conference terbaru dari brand berkualitas terbaik dengan harga murah. Brand video conference yang kami jual antara lain Samsung. Selain melayani penjualan online, untuk Anda yang berada di Jakarta, Anda juga dapat langsung mendatangi toko kami. Beli perangkat video conference online di melotronic pun sangat mudah, Anda hanya perlu memilih perangkat video conference yang Anda inginkan melalui katalog produk kami dan mengisikan form order di website ini, dan kami akan kirimkan pesanan langsung ke rumah Anda. Kami juga menyediakan pembayaran secara bank transfer ataupun cicilan tanpa menggunakan kartu kredit. Segera pilih perangkat video conference favorit Anda hanya di melotronic.com


video conference

Video Conference – Bisa Digunakan untuk Apa Saja?

Ada banyak perdebatan di dunia bisnis mengenai pertemuan/meeting tatap muka versus video conference. Sangat penting untuk membuat pilihan yang tepat ketika memutuskan untuk menggunakan video conference atau pertemuan tatap muka. Keputusan ini memiliki pengaruh signifikan terhadap efektivitas rapat dan keuntungan bagi perusahaan. Di bawah ini adalah manfaat penggunaan video conference bagi perusahaan dan usaha kecil:

Meeting yang Memerlukan Pengambilan Keputusan Cepat

Video conference memberikan kesempatan untuk mengambil keputusan dengan cepat, yang tidak dapat dicapai ketika peserta harus naik pesawat terbang. Membuat kesimpulan cepat berdasarkan masukan team melalui teleconference membuat pengambil keputusan utama bisa memperhatikan bahasa tubuh dan ekspresi wajah peserta meeting. Isyarat visual ini dapat menjadi faktor penting dalam menentukan keyakinan peserta meeting terhadap suatu keputusan. Pakar komunikasi mengklaim bahwa 70% dari komunikasi adalah non-verbal dan video memungkinkan Anda untuk melihat komunikasi non-verbal ini.

Video conference untuk meeting penjualan

Video conference memungkinkan pengambil keputusan yang tidak berada di tempat untuk tetap terlibat dalam tahap awal proses penjualan. Penggunaan video conference juga memberikan kesempatan bagi peserta lainnya untuk menonton rekaman suatu meeting penting.

Penggunaan video conference saat meeting juga akan memberikan first impression kepada pelanggan/klien bahwa Anda adalah perusahaan yang canggih, dan efisiensi serta teknologi merupakan faktor penting dalam strategi bisnis Anda. Hal tersebut bisa menjadi “keunggulan” Anda dibanding perusahaan lain.

Selain itu, video conference memungkinkan staf penjualan menilai minat calon pelanggan dan menentukan apakah menghabiskan waktu dengan berkunjung ke sebuah meeting tatap muka akan bermanfaat.

Kasus nyata manfaat video conference

Sebuah artikel dari majalah Computer Link membahas kasus nyata yang menunjukkan pengurangan signifikan dalam tahapan penjualan yang dapat dicapai dengan penggunaan video conference. Perusahaan yang ditampilkan dalam artikel itu menerima permintaan dari perusahaan Fortune 500 yang berlokasi di Meksiko. Melalui beberapa email, kedua perusahaan dengan cepat menyepakati waktu untuk sesi video conference. Selama meeting, mereka mendengarkan keinginan pelanggan dan melakukan demo produk secara real-time. Pertemuan ini dilanjutkan dengan diskusi mengenai manfaat yang akan diterima klien dari produk tersebut. Di hari yang sama, meeting lainnya seputar hal teknis juga dijadwalkan. Dalam waktu kurang dari 29 jam, penjual telah menemukan prospek yang sangat berkualitas yang kemudian memiliki pemahaman yang kuat tentang produk dan juga cukup tertarik melakukan pembelian.

Tahapan standar terhadap peluang penjualan biasanya mencakup banyak komunikasi melalui telepon, mengirimkan brosur, berkomunikasi lagi via telepon hingga kemudian melakukan perjalanan ke Meksiko. Perusahaan memperkirakan bakal memakan waktu 30 hingga 45 hari dengan cara konvensional untuk mencapai apa yang mereka capai dalam waktu kurang dari 29 jam.

Video conference vs teleconference

Staf penjualan memiliki kesempatan untuk menunjukkan bagaimana produk mereka berfungsi melalui video conference, yang pastinya tidak dapat dilakukan dengan teleconference. Beberapa penelitian menyimpulkan bahwa, dalam menciptakan ikatan yang kuat dengan orang-orang, meeting melalui video conference berdampak 80% lebih besar manfaatnya ketimbang teleconference . Ikatan yang lebih kuat dapat menciptakan lebih banyak penjualan.

Meskipun video conference memiliki fitur yang lebih unggul, ada beberapa poin plus dari teleconference yakni murah dan dapat dilakukan tanpa harus berada di ruang yang ditentukan atau di depan komputer. Oleh karena itu, teleconference masih menjadi alat bisnis yang diminati oleh beberapa orang dalam skenario tertentu.

Produktivitas pekerja kaitannya dengan video conference

Studi menyimpulkan bahwa perjalanan bisnis yang terus-menerus seringkali menimbulkan stres, terkadang depresi dan berbagai penyakit. Ini dapat mempengaruhi produktivitas bisnis dan semangat kerja karyawan. Ketika orang tinggal di rumah dan memanfaatkan kolaborasi virtual, mereka mungkin akan lebih sehat dan produktif.

Meskipun agak kontroversial, beberapa studi mengklaim bahwa video conference justru meningkatkan produktivitas. Ketika karyawan berada dalam pertemuan tatap muka, percakapan mereka cenderung meninggalkan topik dan mungkin berpindah ke olahraga, politik, atau bahkan kisah pribadi. Video conference dapat membantu meeting jadi lebih fokus baik dalam jadwal waktu dan agenda. Beberapa perusahaan yang menggunakan video conference bahkan mengklaim produknya bisa lebih cepat masuk ke pasar dengan mengurangi waktu yang dihabiskan untuk bepergian.

Video conference untuk training karyawan

Untuk perusahaan yang memiliki banyak cabang, biaya perjalanan yang besar bisa dihemat dengan pelatihan melalui video conference. Salah satu manfaatnya adalah karyawan dapat menonton sesi pelatihan yang direkam untuk memastikan mereka memahami instruksi.

Menghubungkan karyawan

Konferensi video dapat memecahkan masalah komunikasi antara karyawan kantor cabang dengan karyawan kantor pusat. Ketika perusahaan merayakan pencapaian penting, semua karyawan di seluruh negara dapat merayakannya bersama. Ikatan pribadi akan menguat, yang juga dapat meningkatkan produktivitas, meningkatkan moral, dan dengan demikian menurunkan tingkat turnover.

Merekrut karyawan melalui video conference

Anda dapat mewawancarai calon karyawan dari seluruh negara ketika Anda menggunakan video conference. Anda bisa meningkatkan peluang untuk mempekerjakan kandidat terbaik dan menghemat biaya perjalanan pada saat yang bersamaan! Namun, beberapa perekrut tenaga kerja menyarankan bahwa metode ini lebih cocok digunakan untuk kandidat dengan umur kurang dari 25 tahun atau untuk wawancara awal.

Saatnya Mencoba Video Conference

Rapat penjualan, perekrutan karyawan, rapat yang membutuhkan keputusan cepat, dan komunikasi antar karyawan hanyalah segelintir manfaat dari penggunaan video conference. Perlu dicatat bahwa di masa depan istilah pertemuan/meeting tatap muka mungkin akan diganti dengan frasa “pertemuan jabat tangan”. Anak muda zaman sekarang sudah terbiasa dengan pesan teks, melihat wajah teman-teman mereka di komputer secara real-time. Dengan situs media sosial seperti Facebook, bukanlah hal aneh bagi mereka untuk memiliki teman yang tersebar di seluruh dunia yang tidak pernah mereka temui secara langsung. Anda sendiri pasti sudah sering mendengar pertemuan tatap muka yang dilakukan melalui komputer. Di masa depan, para pekerja mungkin akan kagum ketika mengetahui bahwa pendahulu mereka (Anda dan saya) menghabiskan waktu dan uang, hanya untuk terbang ke sebuah pertemuan tatap muka atau “pertemuan jabat tangan”.

Video Conference
4.7 (93.33%) 3 votes