0

No products in the cart.

Baterai Baru untuk Kendaraan Listrik Bisa Penuh dalam 10 Menit

November 13, 2019 Categories: Digital & Electronics.
baterai kendaraan listrik

Bayangkan sebuah kendaraan listrik yang dapat dicas penuh hanya dalam hitungan menit. Kedengarannya tak masuk akal? Tidak juga. Beberapa peneliti dari Penn State University tengah merancang sebuah tipe baterai baru yang mampu bertahan hingga 321 km dan bisa dicas dalam tempo 10 menit. Mereka melaporkan hasil temuannya akhir bulan lalu dalam sebuah journal Joule, yang mengatakan bahwa kunci dari mengecas sebuah baterai kendaraan listrik lithium-ion, berkaitan dengan memanaskannya hingga suhu 60 Celcius lalu mendinginkannya dalam hitungan menit.

“Selama kita membatasi waktu keterpaparan sebuah baterai terhadap suhun tinggi, kita bisa meminimalisir kerusakan baterai,” kata Chao-Yang, salah seorang ilmuan.

Dalam kebanyakan kasus, siklus pemanasan dan pendinginan yang cepat ini dapat menyebabkan umur baterai menjadi pendek, tapi Wang dan rekan-rekannya percaya bahwa mereka telah menemukan cara dengan membatasi jumlah waktu keterpaparan baterai terhadap suhu tinggi. Ini semua berkat lapisan tipis nikel foil yang menyerap panas berlebih dan mendistribusikan daya secara merata ke baterai.

Temuan ini akan meringankan tantangan berat yang dihadapi kendaraan listrik di pasar. Seringkali, waktu pengisian sangat lambat, dan jarak tempuh per pengisian daya tidak selalu cukup untuk menempuh dari satu stasiun pengisian daya ke yang berikutnya dalam sebuah perjalanan panjang.

Pengisian daya super cepat mungkin masih belum terealisasi dalam waktu dekat, tapi para ilmuwan dan insinyur di seluruh dunia bekerja keras untuk terus meningkatkan jarak tempuh dan mempercepat waktu pengisian daya.

Leave a Reply

0878-8216-30300856-9120-2326