Penjualan E-bike Meningkat di Masa Pandemi

March 30, 2021 Categories: Digital & Electronics.

Sejak pandemi dimulai, sepeda listrik tergolong produk yang laris di pasaran. Menurut sebuah laporan, penjualan e-bike di 2020 meningkat hampir tiga kali lipat dibandingkan penjualan 2019. Serupa dengan sepeda tradisional, tapi dengan tambahan baterai dan motor penggerak, mengoperasikannya tidak perlu kerja keras.

Menurut Tjok, manajer marketing communication di melotronic.com sekaligus penggila e-bike, ada keterkaitan langsung antara virus corona dan ledakan penjualan e-bike. Meskipun kamu terjebak dalam kebosanan akibat pandemi, bersepeda dengan e-bike merupakan salah satu aktivitas luar ruangan yang bisa kamu lakukan bareng teman dan keluarga, sekaligus tetap menjaga jarak sosial. Belum lagi anggaran liburan yang tidak jadi dikeluarkan, dialihkan untuk membeli e-bike.

Mood booster

Riding dengan e-bike juga memperbaik suasana hati kamu. Menurut sebuah penelitian, berolahraga bahkan dengan intensitas rendah, dapat mengurangi gangguan kecemasan (anxiety) dan meningkatkan rasa memiliki. Nah, berolahraga di luar ruangan bakal meningkatkan manfaat yang disebutkan tadi.

E-bike diperuntukkan bagi siapa saja yang menginginkan olahraga outdoor tapi tidak melelahkan. “Sepeda listrik menawarkan lebih banyak kebebasan untuk gowes lebih jauh, mengunjungi tempat-tempat yang mungkin belum pernah kamu kunjungi dengan bersepeda, seperti kawasan perbukitan dan sebagainya,” ujar Tjok.

Sudah siap membeli e-bike, inilah faktor-faktor yang perlu diperhatikan:

Menurut Tjok, semua e-bike (atau “pedelec”) memiliki fitur bantuan pedal (pedal assist) yang akan menyala saat kamu mengayuh. Umumnya, tingkat bantuan bisa dikontrol dengan menekan sebuah tombol. “Ada juga e-bike yang memiliki throttle yang dapat menggerakan dan menambah laju sepeda, meskipun kamu tidak mengayuh. Bagi sebagian orang, fitur tersebut membuat gowes jadi lebih menyenangkan. Namun, balik lagi kepada kebutuhan masing-masing user,” kata Tjok. (Catatan: Penggunaan throttle akan lebih cepat menguras baterai.)

Fungsi utama

“Pikirkan tentang penggunaannya,” kata Tjok. Jika untuk membawa barang belanjaan, maka kamu menginginkan sepeda yang memiliki tempat penyimpanan. Jika kebutuhannya untuk menyusuri jalan setapak di perbukitan, memilih sepeda gunung akan lebih masuk akal. Mereka yang ingin sepedanya bisa masuk ke dalam kendaraan, lebih baik pilih sepeda lipat. Jika kamu lebih mengutamakan jarak tempuh, maka pertimbangkan sepeda dengan frame ringan guna memaksimalkan masa pakai baterai.

Setelah kamu punya gambaran yang jelas tentang bagaimana, di mana, dan kapan menggunakannya, kamu perlu menjawab beberapa pertanyaan ini: “Hal-hal apa saja yang akan memudahkanmu?” Misalnya, jika kamu tinggal di iklim basah, kamu butuh sepeda yang dilengkapi spatbor agar pakaianmu tidak kotor. Untuk perjalanan jauh, kamu mungkin perlu baterai yang lebih mumpuni, atau bahkan baterai ganda. Jika nantinya sepeda digunakan oleh beberapa orang, ada baiknya pilih sepeda dengan posisi duduk yang bisa disesuaikan.

Rasa

Sepeda idaman sudah di depan mata, tapi jangan langsung bayar dulu. Kamu perlu test ride agar tahu feel-nya seperti apa. Jika kamu merasa nyaman saat mengendarainya, maka itu pertanda baik untuk membawanya pulang.

Melotronic.com menyediakan beragam model sepeda listrik untuk segala usia. Hubungi kami untuk info lebih lanjut.

Leave a Reply

0813-8422-80400856-9120-2326