Jenis Kendaraan Yang Masuk Golongan Rideable Listrik

June 27, 2022 Categories: Digital & Electronics.
rideable-listrik

Rideable merupakan kendaraan beroda kecil yang dilengkapi dengan motor listrik, seperti skateboard, skuter, segway dan unicycle. Jika disokong listrik dan ukurannya cukup kompak untuk dikendarai di trotoar, maka itu bisa dibilang rideable.

Abad ke-21 menjadi zaman keeemasan teknologi. Meski belum tercipta mobil terbang seperti yang diprediksi film Back to the Future, saat ini sudah ada beberapa gadget keren yang hampir mendekati. Inovasi teknologi tinggi di zaman ini telah memudahkan perjalanan sehari-hari bagi banyak orang. Entah digunakan untuk bepergian ke kantor atau sekedar jalan-jalan, rideable memungkinkanmu sampai ke tempat tujuan tanpa berkeringat.

Skateboard dan skuter bermotor sebenarnya telah hadir sejak tahun 1970-an. Sayangnya teknologi saat itu belum cukup berkembang. Tapi itu puluhan tahun yang lalu, dan waktu telah berubah secara hebat.

Transportasi Listrik di Zaman Modern

Dulu jika kamu ingin pergi ke suatu tempat tanpa mobil, biasanya kamu mengandalkan sepeda atau motor konvensional. Sekarang kamu memiliki alternatif listrik ramah lingkungan untuk urusan transportasi, dan kendaraan ini masuk golongan rideable.

Kemajuan di bidang motor listrik, masa pakai baterai, perubahan gaya hidup, kemacetan perkotaan, dan opsi pendanaan telah menjadikan kendaraan listrik sebagai sarana transportasi yang layak dan populer.Perusahaan rintisan yang tertarik pada pasar teknologi beroda semakin meningkat, yang mana turut berimbas pada peningkatan desain, ketersediaan, dan harga jual. Itulah sebabnya transportasi listrik saat ini jamak terlihat di jalan dan trotoar. Jadi seperti apa sebenarnya rideable itu? Biasanya, kamu akan tahu saat melihatnya secara langsung. Kendaraan jenis ini umumnya memiliki tampilan yang eye catching. Rideable (skateboard listrik, skuter listrik, unicycle dan hoverboard) hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran serta memiliki desain unik.

Skateboard Listrik

Skateboard bermotor bensin pertama adalah Motoboard yang dikembangkan pada tahun 70-an. Namun sejak itu, skateboard listrik modern dinilai lebih unggul dalam segala hal karena lebih ringan, mampu menempuh jarak yang lebih jauh, dan bisa dikendalikan oleh remote nirkabel atau bahkan aplikasi telepon.

Skuter Listrik

Skuter listrik merupakan kendaraan listrik yang paling populer. Istilah skuter sering digunakan untuk menggambarkan dua jenis transportasi yang berbeda. Tipe pertama adalah skuter setang dan memiliki dua roda inline. Skuter jenis ini kian populer karena sering digunakan sebagai alternatif transportasi yang aman dan mudah.

Hooverboard

Jenis skuter listrik yang kedua dikenal sebagai self balancing, tapi banyak juga yang menyebutnya Hoverboard. Self balancing beroda dua ini mirip Segway tapi tanpa setang. Untuk menggerakannya, pengendara hanya perlu bersandar ke depan atau ke belakang dan hooverboard akan bergerak berdasarkan pergeseran berat.

Unicycle Listrik

Awalnya, unicycle mungkin tampak sulit untuk dikendarai. Kenyataannya, mengendarai unicycle tidak sesulit yang dibayangkan karena memiliki sistem penyeimbangan otomatis. Jenis rideable ini sangat populer di daerah perkotaan karena desainnya yang sangat kecil yang mana sangat ideal untuk digunakan di jalan-jalan ramai.

Manfaat dari Rideable

Rideable dapat digunakan untuk segala macam aktivitas dalam kehidupan sehari-hari seperti ke kantor, supermarket, sekolah atau bahkan joyride di akhir pekan. Karena ukurannya yang kecil dan ringan, unicycle dapat dibawa masuk ke dalam bus atau MRT.

Secara keseluruhan, biayanya lebih murah dan baik untuk lingkungan daripada mobil karena tidak menggunakan bensin, dan kamu bahkan tidak perlu berjuang untuk menemukan tempat parkir. Selain itu, kamu tidak perlu lagi macet-macetan di jalan karena rideable umumnya bisa dikendarai di atas trotoar.

Rideable Dibanderol dengan Harga Terjangkau

Harga mobil dan motor konvensional biasanya kurang bisa dijangkau oleh kebanyakan komuter. Akan tetapi, dengan jenis dan model yang beragam, rideable bisa menjadi alternatif transportasi yang masuk akal. Harga yang ditawarkan pun bervariasi tergantung teknologi yang digunakan. Seiring kemajuan teknologi, bukan tidak mungkin harganya akan terus turun.

Apa yang Masuk Dalam Kategori Rideable

Secara teknis rideable merupakan alat transportasi yang memenuhi karakteristik berikut:

  • Beratnya kurang dari sepuluh kilogram (berat yang bisa dibawa oleh kebanyakan orang dengan nyaman)
  • Muat diselipkan di bawah kursi angkutan umum, bus, atau kereta api
  • Self-powered artinya memiliki sumber tenaga lain selain dari energi pengendara
  • Dapat digunakan di dalam gedung, di jalan atau trotoar
  • Jika tidak dikendarai, dapat dengan mudah dibawa
  • Minimal mampu melewati rintangan setinggi empat sentimeter
  • Mampu menempuh setidaknya sepuluh kilometer tanpa perlu diisi ulang
  • Nyaman dikendarai minimal 25 menit tanpa pengendara merasa lelah

Di Melotronic, tersedia rideable berbagai jenis untuk kebutuhan yang beragam. Kunjungi kami segera untuk test ride.

5/5 - (1 vote)

Leave a Reply

0813-8422-80400856-9120-2326