11 Spot Riding Ebike Di Jakarta Yang Instagramable

April 26, 2022 Categories: Digital & Electronics.
riding ebike di jakarta

Banyak orang mendadak suka sepadaan di masa pandemi COVID-19. Pasalnya, aktivitas sepadaan dengan ebike termasuk olahraga dan tergolong mengasyikan selama masa pandemic.

Bersepeda juga dianggap sebagai alternatif yang lebih aman daripada berolahraga di dalam ruangan. Karena itu, tren bersepeda ini terus meningkat di kota-kota besar di Indonesia, khususnya di Jakarta. Karena jumlah pengendara ebike di Jakarta semakin bertambah, mereka sering dikritik karena mengambil jalur terlalu ke tengah dan membahayakan pengendara motor lain.

Sebenarnya ada spot gowes yang cukup aman untuk riding ebike di Jakarta. Berikut adalah beberapa favorit kami!

gowes di gelora bung karno

1. Selain sebagai tempat lari favorit, Gelora Bung Karno juga boleh digunakan untuk sepedaan.

Sudah sejak lama stadion Gelora Bung Karno menjadi tempat favorit warga Jakarta untuk berolahraga, termasuk para biker genjot. Salah satu lokasi paling populer yaitu lintasan melingkar yang mengelilingi stadion atau biasa disebut ring road. Selain luas, kawasan ini sangat aman karena bebas kendaraan bermotor.

ebike di bunderan hi

2. Silahkan gowes di bundaran HI selama Car Free Day. Lebih santuy karena tidak ada kendaraan bermotor.

Bundaran HI sudah menjadi tempat favorit warga Jakarta untuk melakukan kegiatan bersepeda. Bahkan artis cantik, Gisella Anastasia atau biasa disapa Gisel, doyan genjot sepeda di kawasan ini.

sepeda di kota tua

3. Bersepeda makin seru sambil selfie di sekitar bangunan-bangunan tua yang estetik.

Gowes di sekitaran Kota Tua akan membawamu menikmati suasana tempoe doeloe. Kamu bisa mulai dari Kota Tua di mana banyak berdiri gedung-gedung bersejarah dan taman terapung Kali Besat. Jangan berhenti, gowes lebih jauh hingga pelabuhan Sunda Kelapa. Nikmati pemandangan ciamik kapal-kapal kayu yang sedang bersandar di dermaga ini.

4. Selain Gelora Bung Karno, Lapangan Banteng merupakan tempat favorit warga Jakarta untuk berolahraga. Areanya yang luas ditambah spot-spot yang Instagramable, layak menjadi lokasi sepadaan kamu berikutnya.

Tempat ini telah mengalami beberapa kali renovasi dan sekarang menjadi lokasi favorit untuk bersantai sambil jalan-jalan dan bersepeda. Tempat ini cukup besar untuk bersepeda santai, serta memiliki fasilitas lengkap seperti toilet, taman bermain, dan juga panggung terbuka. So, tidak ada salahnya untuk kamu coba.

ebike riding monas

5. Trek panjang di Monumen Nasional bakal memuaskan hasrat bersepedamu.

Gowes di sini tidak perlu bawa sepeda sendiri. Pasalnya, kamu dapat singgah di lokasi layanan bike sharing untuk meminjam sepeda. Biayanya pun tidak mahal, hanya Rp3.000 per15 menit.

6. Sepedaan di Taman Mini Indonesia Indah bakal membuatmu melihat banyak hal menarik.

Berkunjung ke TMII untuk bersepeda sambil menghirup udara segar patut kamu coba. Nikmati sensasi berkeliling ‘Indonesia’ lewat jalur darat di sini. Mirip di Monas,  di TMII juga tersedia tempat penyewaan sepeda bagi pengunjung. Biayanya juga cukup terjangkau, hanya Rp 15 ribu saja per orang.

7. Suasana Taman Margasatwa Ragunan yang asri dan hawanya yang sejuk bakal membuatmu betah.

Tempat ini merupakan salah satu lokasi favorit warga Jak-Sel dan sekitarnya untuk bertamasya dan bersepeda. Pasalnya, pohon-pohon rindang di lokasi ini membuat suasana menjadi asri dan sejuk.  Dengan luas area 147 hektar, gowes di sini bakal lebih asyik sambil melihat satwa-satwa yang terkukung.

8. Jika ingin gowes sambil menikmati suasana pantai, kunjungi Pantai Indah Kapuk 2.

Gowes di sini kudu singgah ke jembatan yang viral karena view sunset-nya yang indah. Namun, ada aturan yang perlu diketahui. Akses bagi pesepeda hanya diperbolehkan masuk pukul 6.00 hingga 9.00 pagi dan 16.00 hingga 17.30 sore, dan sudah berusia di atas 12 tahun.

9. Bersepeda malam hari di FX Sudirman

Tidak jauh dari Gelora Bung Karno, kamu bisa coba sepedaan di area FX Sudirman. Tersedia trek khusus agar aktivitas bersepeda jadi lebih aman dan nyaman, sambil menikmati indahnya lampu-lampu  di malam hari.

10. Jakarta International Velodrome

Jakarta International Velodrome terletak di Rawamangun, Jakarta Timur, Indonesia. Masuk ke arena stadion, kamu langsung disambut arena balap sepeda yang megah sepanjang 250 meter, dengan tingkat kemiringan 40 derajat. Lintasannya sudah pasti  mulus untuk dilahap pesepeda yang kompetitif.

11. Allianz Ecopark Ancol

Allianz Ecopark Ancol menyediakan jalur sepeda yang mulus dan ruang terbuka hijau, sangat cocok untuk sepadaan sambil refreshing. Kalau ke sini lebih afdol bareng keluarga karena ada tempat bermain di dekat danau. O iya, kamu juga boleh kasih makan ikan-ikan yang ada di sana.

Sayangnya masuk Allianz Ecopark tidak gratis. Kamu perlu membayar tiket masuk Ancol sebesar Rp25.000 (mobil) atau Rp15.000 (motor).

Males sepedaan jauh-jauh dari rumah..ngga masalah.

Lima jalur sepeda yang tersedia jika kamu ingin gowes di sekitaran Jak-Sel, berikut daftarnya:

  • Jalan Antasari
  • Jalan Cipete Raya
  • Jalan Kesehatan Raya
  • Jalan Tebet Barat Raya
  • Jalan Sultan Iskandar Muda

Jika kamu anak Jak-Tim, coba deh empat jalur sepeda berikut:

  • Jalan Inspeksi BKT
  • Jalan Raden Inten
  • Jalan Bina Marga
  • Jalan RA Fadhilah

Bagi kamu pesepeda yang berdomisili di kawasan Jakarta Barat, tersedia tujuh jalur khusus pesepeda di kawasan ini.

  • Jalan Gadjah Mada
  • Jalan Hayam Wuruk
  • Jalan Puri Harum
  • Jalan Puri Ayu
  • Jalan Puri Elok
  • Jalan Puri Ayu 1
  • Jalan Puri Molek 1

Di bawah ini rute gowes di sekitaran Jakarta Utara:

  • Jalan Danau Sunter Selatan
  • Sisi Inspeksi Kali Sunter RBS
  • Jalan Kelapa Hibrida
  • Jalan Pulau Maju Bersama
  • Jalan Benyamin Sueb Pademangan Timur
  • Jalan Arteri Pegangsaan Dua

Itulah 11 lokasi bersepeda yang perlu kamu jajal di Jakarta. Happy riding!

5/5 - (1 vote)

Leave a Reply

0813-8422-80400856-9120-2326