Sistem Digital Signage – Apa Saja Yang Perlu Diperhatikan

June 4, 2021 Categories: Digital & Electronics.
signage-digital-retail

Sekarang ini, komunikasi pemasaran telah mengalami perubahan luar biasa dalam hal presentasi dan customer experience. Dengan kehadiran digital signage, telah terjadi pergeseran paradigma dari sekedar promosi ke pengalaman yang dipersonalisasi bagi pelanggan. Fokusnya adalah untuk lebih terhubung dengan pelanggan. Kini, berbagai industri sudah mulai menerapkan penggunaan digital signage untuk menginformasikan, menarik dan menghibur pelanggan dengan cara membuat konten yang bermanfaat secara konsisten.

Namun, konten yang menarik pun memerlukan perangkat digital yang aman, andal, dan berkualitas. Itu sebabnya penting memilih sistem digital sigange dengan fitur berlimpah. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan:

Streaming Konten secara Real-Time

Dengan mengintegrasikan rich media dan streaming content secara real-time, ini akan menciptakan pengalaman digital yang dinamis. Teknologi digital signage berfungsi sebagai platform presentasi yang ideal untuk berbagi konten yang imersif. Dari streaming video langsung hingga konten audio, ada banyak kemungkinan yang bisa dieksplorasi. Pemutar media keluaran terbaru biasanya memiliki fitur yang berfungsi sebagai server streaming IP, yang menghubungkan konten 4K (UHD) langsung ke layar presentasi atau video wall. Tampilan semacam ini berguna untuk training, entertainment dan mempromosikan produk/layanan dengan cara yang menyenangkan.

Mampu Memutar Beragam File Media

Digital signage sering kali menayangkan informasi yang sifatnya lokasi spesifik atau acara spesifik, atau apa pun yang relevan pada waktu dan tempat tertentu. Misalnya, saat digunakan di sebuah resort, digital signage yang ditempatkan di dekat pintu lift, bisa digunakan untuk menginformasikan kondisi cuaca. Atau, misalnya ditempatkan di bar, display-nya bisa memunculkan reminder diskon khusus untuk minuman tertentu antara pukul 3-6 sore. Dengan begitu, informasi terkini bisa langsung dibroadcast sehingga memberikan komunikasi yang lebih baik dan juga relevan bagi yang melihatnya. Saat memilih digital signage, cari perangkat yang mendukung widget atau teknologi aplikasi.

Keamanan Berbasis Cloud

Memperbarui playlist media umumnya dengan cara menukar kartu SD (memori) pada digital signage. Kartu SD relatif murah, mudah disalin dan dapat diandalkan. Sayangnya, memperbarui media player dengan menukar kartu SD dinilai kurang praktis. Saat ini, ada metode yang jauh lebih baik yaitu dengan menggunakan teknologi cloud. Cara ini dinilai lebih aman, efektif, instan dan scalable. Jaringan cloud ini telah mengatasi tantangan berat dalam hal pendistribusian dan keamanan konten. Hasilnya, lebih hemat karena maintenance cost jadi lebih murah.

Mobile Friendly

Saat memilih digital signage, jangan lupa memasukkan mobile inteactivity ke dalam check list! Dengan integrasi teknologi NFC dan Beacon ke dalam sistem ini, retailer dapat meningkatkan keterlibatan mereka dengan pelanggan. Komunikasi dua arah antara digital signage dan pelanggan melalui perangkat seluler mereka akan menghasilkan pesan yang lebih personal. Pendekatan yang ditargetkan ini turut meningkatkan keseluruhan pengalaman dan memaksimalkan manfaat dari teknologi digital signage. Jenis insentif yang tepat juga dapat mendorong pembelian, yang dapat mengarah pada social media sharing, dan pada akhirnya turut membantu membangun goodwill ketika dikaitkan dengan tujuan perusahaan.

Konten Iklan Digital Signage

Dengan banyaknya iklan yang perlu diperbarui setiap hari,  hal ini akan cukup merepotkan. Jika ini alasan utama Anda untuk menggunakan digital signage, maka penting mencari sistem perangkat lunak yang memungkinkan penandaan konten dan penjadwalan ke perangkat digital signage. Digital signage player berbasis cloud membuat semua ini jauh lebih mudah. Sistem terbaik saat ini bisa dikelola melalui browser web. Tentunya, semua itu dengan hak admin yang dapat diatur untuk zona tertentu dan mendukung nested playlist yang dapat dipicu lewat masukan eksternal seperti kondisi cuaca, kondisi lalu lintas, atau beberapa variabel lain, seperti inventaris, dll. Ini memastikan bahwa konten yang relevan dan bertarget dikirimkan ke pemirsa yang spesifik.

Saat memilih digital signage, pilih sistem yang sinkron dengan kebutuhan Anda dan masuk akal dari sudut pandang perusahaan-bukan sudut pandang konsumen.

Leave a Reply

0813-8422-80400856-9120-2326