Yuk Mulai Gunakan Sepeda Listrik dari Sekarang

September 18, 2021 Categories: Digital & Electronics.
Naik Ebike Yuk

Sepeda listrik semakin digemari sebagai alat transportasi alternatif. Alasannya, kendaraan ini ramah lingkungan, fun dan tidak ribet untuk perjalanan perkotaan atau sekedar rekreasi. Bahkan, mereka yang dulunya kerap mengandalkan sepeda konvensional mulai beralih ke sepeda listrik karena dinilai jauh lebih nyaman.

Jika kamu tertarik dengan sepeda jenis ini, pertimbangkan beberapa hal berikut sebelum memutuskan untuk membelinya.

Pertama, kamu harus tahu berapa besar daya yang dibutuhkan untuk perjalanan harianmu. Jika kamu tidak ingin ebike dengan banderol yang mahal, maka pilih ebike dengan besaran daya yang lebih kecil. Kedua, kamu juga perlu mempertimbangkan size baterai. Semakin besar baterai, semakin jauh jarak yang bisa ditempuh sebuah ebike. Ketiga, kamu harus pertimbangkan berat sepeda. Logikanya, sepeda berbobot lebih berat bakal menyerap lebih banyak energi dalam pengoperasiannya.

Terkait kapasitas baterai, komponen ini menentukan seberapa jauh kamu dapat melakukan perjalanan dengan sekali pengisian daya. Kapasitas baterai yang lebih besar berarti jangkauan yang lebih jauh.

Jika rute yang kamu tempuh cukup jauh, kamu perlu sepeda dengan baterai yang lebih besar. Baterai tersedia dalam dua jenis: lead acid (jenis yang digunakan di mobil) dan lithium-ion (digunakan di laptop). Baterai lithium beratnya lebih ringan dari yang lead acid, tapi harganya lebih mahal.

Lantas, apa saja manfaat yang didapat dari penggunaan ebike sehari-hari.

Ramah Lingkungan

Sepeda listrik tentunya ramah lingkungan karena menggunakan listrik sebagai pengganti bahan bakar bensin atau solar dan tidak membutuhkan bahan bakar fosil. Dari segi harga, e-bike jauh lebih murah ketimbang sepeda motor, yang artinya terjangkau bagi kebanyakan orang.

Lebih Nyaman dibanding Sepeda Biasa

Sepeda listrik jauh lebih efisien daripada sepeda biasa karena menggunakan lebih sedikit tenaga untuk memindahkan jumlah berat yang sama. Motor listrik juga memberikan tenaga ekstra untuk perjalanan yang lebih jauh.

Menghemat Uang, Waktu dan Tenaga

Sepeda listrik menghemat uang karena tidak perlu biaya bensin, menghemat waktu karena bisa selap-selip, dan menghemat tenaga karena ada bantuan listrik untuk menggerakannya. Sepeda listrik juga tidak menimbulkan polusi dan kebisingan. Umumnya, harga sepeda listrik yang paling murah berada di kisaran angka jutaan rupiah, yang mana jauh lebih murah dibanding sepeda motor dan mobil.

Lebih Fun

Riding dengan sepeda listrik itu lebih menyenangkan karena tidak melelahkan saat gowes keliling kota. Plus, parkirnya juga gampang, tidak memerlukan banyak perawatan, dan bahkan bisa diandalkan untuk perjalanan jauh sekalipun.

Bisa Digunakan Di Mana Saja

Sepeda listrik cocok bagi mereka yang ingin melakukan perjalanan jauh tapi tidak ingin keluar uang untuk bensin. Saat ini, sepeda listrik sudah banyak digunakan oleh komuter dan mereka yang ingin menjelajahi tempat-tempat baru yang sebelumnya sulit ditempuh dengan cara bersepeda.

Lebih Aktif

Ebike cocok untuk segala usia. Kenyataannya, berkendara dengan ebike memberikan kesempatan berolahraga lebih banyak dan menghabiskan lebih banyak waktu di luar ruangan.

Mengurangi Kemacetan

Gowes dengan sepeda listrik memungkinkanmu mencoba rute alternatif yang hanya boleh dilewati sepeda. Cara ini pastinya membuat waktu tempuh jadi lebih cepat dan turut mengurangi tingkat kepadatan kendaraan dalam area tertentu.

Kesimpulannya, sepeda listrik jauh lebih ekonomis dibandingkan sepeda motor. Bersepeda listrik memang menyenangkan, tapi yang terpenting, alam juga turut bahagia karena aktivitas berkendaramu tidak menyakitinya.

Leave a Reply

0813-8422-80400856-9120-2326