0

No products in the cart.

Beli Sepeda Listrik Baru atau Bekas, Inilah Plus Minusnya

January 8, 2020 Categories: Digital & Electronics.

Kita bepergian setiap hari dengan menggunakan berbagai kendaraan yang membawa kita dari satu tempat ke tempat lain, salah satunya dengan sepeda listrik. Sepeda listrik adalah sepeda yang menggunakan motor listrik dan membutuhkan sedikit usaha saat mengendarainya.

Lantas, apa kelebihan dan kekurangan dari membeli sepeda listrik bekas vs baru? Membeli sepeda listrik bekas biasanya lebih murah. Membeli sepeda listrik baru, meski lebih mahal, tapi lebih aman dengan adanya garansi. Selain itu, membeli baru memungkinkan Anda memilih warna, model, aksesoris dan lain-lain.

Ketika tiba saatnya untuk membeli, banyak orang terjebak di antara pilihan membeli sepeda listrik bekas atau baru. Pada artikel ini, kita akan mengulas apa saja yang perlu dipertimbangkan.

Plus Minus Sepeda Listrik Bekas

Membeli barang bekas merupakan cara terbaik untuk menghemat uang dan membantu melestarikan lingkungan, karena secara signifikan mengurangi jumlah limbah. Argumen yang sama dapat dikemukakan saat membeli sepeda listrik bekas. Berikut beberapa poin yang bisa menjadi bahan pertimbangan ketika membeli sepeda listrik bekas.

(+) Plus

Harga sepeda listrik bekas sudah tentu lebih murah. Selama sepedanya dirawat dengan baik, maka membeli sepeda listrik bekas bisa menjadi investasi yang bagus untuk Anda.

Ada banyak pilihan (tergantung budget). Anda bisa menemukan beragam jenis sepeda listrik bekas di toko sepeda listrik, dealer, toko online dan bahkan dari teman Anda sendiri. Pilihannya tidak terbatas.

Masih lebih mudah digunakan daripada sepeda konvensional. Dengan sepeda listrik bekas, Anda masih bisa mempersingkat waktu perjalanan. Melewati jalan menanjak atau turunan curam tidak akan menjadi masalah. Anda bisa lebih cepat sampai di tujuan meski dengan kecepatan 20-an kpj. Ini salah satu alasan mengapa perlu membeli sepeda listrik.

Asuransinya lebih murah. Salah satu keuntungan membeli sepeda listrik bekas adalah Anda akan membayar lebih sedikit untuk asuransi. Dengan begitu, Anda bisa lebih berhemat.

Jika beruntung, garansinya masih berlaku. Bukan tidak mungkin masih tersisa waktu garansi di saat Anda membeli sepeda listrik bekas.

Di beberapa negara, pajak yang dibayarkan akan jauh lebih sedikit. Semakin rendah nilai sebuah sepeda listrik, semakin rendah uang yang harus Anda keluarkan untuk pemerintah setiap tahunnya.

(-) Minus

Kemungkinan tidak akan bertahan lama. Sepeda listrik bekas berpotensi rusak lebih cepat daripada yang baru. Pemilik sebelumnya mungkin tidak merawat sepedanya dengan baik; ini akan sangat mempengaruhi dan memperpendek daya tahannya. Oleh karena itu, membeli sepeda listrik bekas berpotensi merugikan pembeli.

Kemungkinan sudah tidak ada garansi. Saat sepeda listrik bekas Anda rusak, Anda harus siap dengan biaya yang harus dikeluarkan untuk perbaikan dan pembelian spareparts.

Tergantung pada anggaran, Anda mungkin tidak menemukan sepeda listrik bekas yang sesuai dengan keinginan Anda.

Plus Minus Sepeda Listrik Baru

Semuanya memiliki dua sisi seperti koin – kelebihan dan kekurangannya. Ini juga berlaku saat ingin membeli sepeda listrik baru. Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan.

sur-ron-light-bee

(+) Plus

Tersedia garansi. Membeli sepeda listrik baru umumnya dilengkapi dengan garansi pabrik. Jika ada masalah seperti masalah motorik, keausan dan lain sebagainya, akan ditanggung oleh garansi pabrik.

Ramah lingkungan. Sama seperti sepeda listrik bekas, sepeda listrik baru juga sangat ramah lingkungan.

Fitur. Sepeda listrik baru hadir dengan fitur-fitur canggih. Sepeda listrik keluaran terbaru dibekali dengan performa yang lebih mumpuni dengan kemampuan jarak tempuh lebih jauh, serta memiliki fitur keamanan yang lebih baik.

Nilai jual kembali yang lebih tinggi. Dalam beberapa tahun, apalagi ketika garansi belum kedaluwarsa, harga jual sepeda listrik Anda masih akan tinggi.

Perbaikan lebih sedikit. Sepeda listrik baru bisanya tidak memerlukan perbaikan besar dalam beberapa tahun mendatang.

Tidak ada “kejutan” dari masa lalu. Pemilik sepeda listrik baru tidak perlu khawatir jika pemilik sebelumnya telah mengganti ban, baterai atau motor karena setiap komponen masih dalam kondisi baru.

Pilih warna yang Anda suka. Karena baru, warna dan aksesoris sepeda listrik bisa disesuaikan dengan keinginan Anda.  Membeli sepeda bekas, Anda harus menerima apa adanya.

(-) Minus

Asuransi dan pajak yang lebih tinggi (jika berlaku). Sepeda listrik baru dipajak lebih tinggi, pun dengan asuransinya. Semakin tinggi harga sebuah sepeda listrik, semakin tinggi premi asuransi dan pajaknya.

Beberapa model hadir dengan bobot lebih berat. Sepeda listrik keluaran terbaru mungkin berbobot lebih berat karena menggunakan baterai dan motor jenis baru. Dengan begitu, saat baterainya habis, mengayuhnya akan lebih melelahkan.

Lebih mahal. Sepeda listrik baru sudah tentu lebih mahal daripada yang bekas.

Penyusutan. Nilai sebuah sepeda listrik baru akan terdepresiasi sesaat setelah Anda membelinya.

Kesimpulan

Memang bukan pilihan yang mudah untuk memilih antara yang baru dan yang bekas. Pilih sepeda listrik bekas jika Anda yakin sepeda tersebut dalam kondisi baik. Atau beli yang baru jika Anda memiliki anggaran dan menginginkan teknologi teranyar dari sebuah sepeda listrik.

Berapa kisaran harga sepeda listrik baru? Antara $ 500 hingga $ 10.000. Sepeda berkualitas baik umumnya dibanderol dengan harga $ 1.300 hingga $ 3.500.

Apa yang harus Anda periksa saat membeli sepeda listrik bekas? Anda harus tahu umur sepeda listriknya. Biasanya semakin muda tahunnya, semakin baik. Periksa kapan terakhir kali sepeda diservis. Baterai sepeda listrik harus diservis minimal dua kali dalam setahun. Jangan lupa memeriksa sistem rem, ban, dan lainnya untuk mengetahui apakah mereka harus diganti dengan yang baru. Jika ada banyak komponen yang harus diganti, ada baiknya Anda menawar lebih rendah atau mencari sepeda bekas lainnya.

Leave a Reply

0878-8216-30300856-9120-2326