0

No products in the cart.

Cara Melindungi Layar Sentuh dari COVID-19

June 2, 2020 Categories: Digital & Electronics.
layar-sentuh

Ketika pandemi virus corona masih berlanjut, kita terus berusaha “meratakan kurva” dengan meminimalkan risiko penyebaran virus. Pemerintah telah menerapkan beberapa pembatasan dan perubahan di ruang publik untuk mendukung upaya tersebut.

Ketergantungan pada layar sentuh

Layar sentuh telah merubah cara kita melihat dan berinteraksi dengan dunia, dan sebagian besar dari kita menggunakannya beberapa kali dalam sehari. Bank, gerai makanan cepat saji, transportasi umum, toko, dsb, mengandalkan layar sentuh untuk operasional yang efisien. Meski layar sentuh penting bagi kehidupan dan aktivitas kita sehari-hari, ada kekhawatiran soal kebersihannya. Apakah kekhawatiran ini dibenarkan, dan jika demikian, dapatkah layar sentuh dibuat aman saat digunakan mengingat krisis yang terjadi saat ini?

Kekhawatiran akan kebersihan

Layar sentuh yang digunakan secara publik memang berpotensi menyebarkan bakteri dan penyakit berbahaya, bahkan sebelum pandemi saat ini. Sebuah laporan menunjukkan bahwa layar sentuh di gerai makanan cepat saji mengandung kotoran dan bakteri seperti E.Coli. Studi lain yang dilakukan di bandara Amerika Serikat juga menunjukan bahwa layar sentuh di mesin check-in mandiri mengandung kotoran dan bakteri seperti yang ditemukan di tempat cucian piring pada umumnya. Kendati demikian, penggunaan layar sentuh juga membantu mencegah penyebaran virus corona.

Membantu menjaga jarak sosial

Ketika diterapkan secara cerdas dengan memperhatikan hygiene dan menjaga kebersihannya secara rutin, penggunaan layar sentuh di ruang publik dapat secara signifikan mengurangi penyebaran virus corona dengan cara menjaga jarak sosial. Layar sentuh dapat menghilangkan atau mengurangi kebutuhan akan interaksi tatap muka, dan membantu semua orang menjaga jarak minimum yang direkomendasikan oleh pemerintah.

Alternatif yang lebih aman daripada tombol tradisional

Layar sentuh merupakan alternatif yang jauh lebih aman daripada tombol tradisional seperti pada mesin ATM. Tombol tradisional sulit dibersihkan atau didisinfeksi karena permukaannya tidak rata, bercelah sehingga sulit dijangkau saat dibersihkan. Layar sentuh, di sisi lain, memiliki permukaan yang rata sehingga membersihkannya jauh lebih mudah dan menyeluruh.

Pedoman untuk implementasi yang aman

Agar manfaat yang didapat lebih maksimal, prosedur kesehatan yang tepat adalah kuncinya. Kami merekomendasikan langkah-langkah berikut agar layar sentuh di sebuah perangkat aman untuk digunakan.

1) Pembersihan dan desinfeksi semua layar sentuh di ruang publik harus rutin dan menyeluruh, dan dilakukan sesering mungkin.
2) Jika memungkinkan dan dinilai lebih praktis, ada baiknya mengganti mesin yang masih menggunakan tombol tradisional dengan layar sentuh.
3) Display harus rata dari ujung-ke-ujung, dengan bezel yang sangat tipis jika memungkinkan, agar bakteri dan virus di tepi luar layar tidak luput dari desinfeksi.
4) Display tertentu yang saat ini ada di pasaran dapat bereaksi terhadap sentuhan dengan menggunakan sarung tangan; interaksi jauh lebih aman dan membantu mengurangi risiko penyebaran virus corona.
5) Melapisi layar dengan coating khusus yang dapat membunuh bakteri; meski dapat meningkatkan kebersihan, coating ini tidak berpengaruh terhadap virus corona.

Pandemi saat ini menunjukkan kepada kita lebih dari sebelumnya bahwa menjaga kebersihan adalah yang terpenting. Kita sekarang berkesempatan membuat perubahan untuk masa depan yang lebih aman. Salah satu perubahan yang bisa kita lakukan yaitu dengan menerapkan layar sentuh di ruang publik. Perangkat iniĀ  membantu menghentikan atau memperlambat penyebaran virus ketika digunakan dengan hati-hati. Kita harus memastikan perangkat ini tidak hanya aman digunakan, tapi juga digunakan secara maksimal untuk memerangi virus corona.

Untuk kebutuhan video wall dan videotron, silahkan menghubungi kami melalui kontak yang tersedia.

Leave a Reply

0878-8216-30300856-9120-2326