Tips Agar Tidak Celaka saat Naik Skuter Listrik

January 26, 2021 Categories: Digital & Electronics.
aman naik skuter

Pengendara skuter listrik kian meningkat. Selain nyaman, naik skuter juga bisa terbebas dari kemacetan lalu lintas. Namun, apa pun jenis kendaraannya, kita sebagai pengguna jalan berpotensi terlibat dalam kecelakaan.

Menurut sebuah studi tentang cedera terkait penggunaan e-skuter, lebih dari 80,2% dikarenakan jatuh. Dalam kebanyakan kasus, kecelakaan terjadi akibat kelalaian penggunanya. Meski kecelakaan juga bisa disebabkan faktor eksternal (mobil, motor dan pejalan kaki) yang tentunya tidak dapat kita kendalikan, ada baiknya kita optimalkan keselamatan diri kita sendiri terlebih dahulu.

Tanpa basa basi, mari kita bahas tips berikut ini:

1. Selalu perhatikan jalan

Bagi pengendara, berskuter ria sambil menikmati pemandangan tentunya sudah menjadi hal yang biasa. Yup, memang sudah sifat manusia untuk mengamati (baca: kepo) apa yang terjadi di sekitar kita. Namun, jangan sampai itu membuatmu tidak memperhatikan keadaan jalan. Banyak cedera yang harusnya bisa dihindari jika pengendara skuter lebih awas terhadap keadaan lalu lintas.

2. Pegang setang dengan erat

Beep, ada pesan baru di ponselmu. Lantas kamu berpikir untuk melihat dan membalasnya. Jangan lakukan itu saat berskuter! Jangan pernah berpikir untuk multi-tasking hanya dengan satu tangan saat berkendara di atas skuter.

Berskuter dengan satu tangan sangat berbahaya mengingat ukuran roda skuter kecil. Dengan begitu, ground clearance-nya lebih sedikit sehingga mudah goyang saat menghantam lobang atau gundukan.

Jika memang penting dan harus direspon secepatnya: Hentikan skuter dan selesaikan kerjaanmu lalu lanjutkan perjalanan.

3. Gunakan helm yang tepat

Di jalan, selalu ada hal-hal yang tidak dapat kamu kendalikan. Pengemudi yang lalai (baca: emak-emak) dan kesalahan manusia akan selalu ada. Tidak semua kecelakaan dapat dicegah. Maka dari itu, kamu harus tahu bagaimana mempersiapkan diri saat terjadi kecelakaan. Dari sekian banyak peralatan keselamatan, memakai helm yang tepat adalah yang paling penting.

Pastikan helm yang kamu gunakan telah disertifikasi dan diuji secara menyeluruh. O iya, jika helm sudah pernah mengalami benturan hebat, ada baiknya ganti dengan yang baru.

4. Kurangi kecepatan saat berbelok dan menoleh ke belakang

Salah satu skenario kecelakaan yang kerap terjadi yaitu saat pengemudi menoleh ke belakang. Ini biasa dilakukan ketika ingin berbelok atau berpindah lajur. Masalahnya, hal ini dapat menyebabkan hilangnya keseimbangan akibat pergeseran berat badan sewaktu menoleh. Nah, untuk meminimalisir resiko tersebut, perlambat laju skuter.

5. Lakukan inspeksi secara rutin

Seperti kendaraan lainnya, skuter listrik juga butuh perawatan secara berkala. Meski skuter merupakan kendaraan plug-n-play, pada akhirnya juga bakal butuh perawatan agar performanya tetap terjaga. Oleh karena itu, inspeksi rutin perlu dilakukan.

Berikut beberapa inspeksi sebelum berkendara

1. Cek tekanan ban.
2. Cek komponen rem.
3. Jika sepeda lipat, cek mekanisme pelipatannya.

Inspeksi yang lebih mendalam juga perlu dilakukan satu atau dua minggu sekali.

1. Cek baut-bautnya – jika longgar, kencangkan!
2. Cek kondisi disc brake.
3. Cek kondisi baterai

Memastikan skuter dalam kondisi optimal sangat penting untuk keselamatan pengendara. Jangan lupa baca buku manual untuk lebih memahami aspek teknis sepeda.

6. Lengkapi skuter dengan pencahayaan yang baik

Satu hal yang kurang dari kebanyakan skuter yaitu soal penerangan. Ini penting ketika riding malam hari. Jika kamu doyan keluar malam, kamu bukan hanya ingin melihat apa yang ada di depanmu, tapi kamu juga ingin pengendara lain dapat melihatmu.

Jika lampu bawaan kurang terang, ada baiknya menambahkan lampu eksternal dengan tingkat penerangan yang lebih baik. Kamu bisa menempatkan lampu tambahan di sekitar setang. Untuk lampu belakang, terangnya tidak harus seterang lampu depan. Biasanya lampu belakang bawaan sudah cukup terang, tapi posisinya saja yang kurang baik karena letaknya sangat rendah. Solusinya, pasang lampu belakang portabel yang bisa dikaitkan di tas atau baju.

7. Gunakan kaca mata

Umumnya, helm skuter tidak dilengkapi visor. Itulah sebabnya kamu perlu kacamata agar mata terlindungi dari debu dan serangga saat melaju kencang. Kacamata tidak hanya baik untuk mencegah debu dan serangga, tapi juga membantu penglihatanmu dari silaunya sinar matahari.

Ingat tips keselamatan di atas agar riding jadi lebih aman dan menyenangkan.

 

Baca juga:

Untungnya Naik Skuter Listrik

Bisakah Skuter Listrik Digunakan Saat Hujan

Mau Beli Skuter Listrik, Baca Dulu Tips Berikut

Leave a Reply

0813-8422-80400856-9120-2326