0

No products in the cart.

Bisakah Skuter Listrik Digunakan Saat Hujan

September 9, 2020 Categories: Digital & Electronics.

Pertanyaan di atas mungkin pernah terlintas di benakmu. Kabar baiknya adalah bahwa kebanayakan skuter listrik mampu bertahan dalam kondisi basah ringan. Kendati demikian, pabrikan tidak menganjurkan mengendarai skuter listrik ketika hujan lebat. Mereka juga menyarankan untuk selalu menghindari banjir dan genangan air karena dapat menyebabkan kerusakan parah pada sistem kelistrikan.

Bisakah Skuter Listrik Basah-basahan

Jawaban sederhananya adalah ya. Gerimis tidak akan merusak skuter, tapi hujan lebat berpotensi merusak sistem kelistrikan. Hal tersebut bisa menyebabkan skuter mogok. Seperti diketahui, komponen elektronik dan air bukan kombinasi yang baik. Mengapa? Air itu sendiri tidak menghantarkan listrik, tapi kandungan yang ada di dalam air yang menghantarkan listrik. Kandungan ini bisa berupa garam dan debu, yang memiliki ion berlawanan. Agar tidak terjadi kerusakan, hindari mengendarainya saat hujan deras. Jangan memarkirnya di luar ruangan, apalagi saat hujan.

Apakah Skuter Listrik Anti Air

Meskipun pabrikan skuter listrik menggunakan material berkualitas, bukan berarti sepenuhnya anti air. Umumnya, skuter listrik masih kuat menghadapi gerimis. Namun ingat, elektroniknya juga perlu dijaga dari kelembaban yang berlebih.

Skuter listrik memiliki peringkat Perlindungan Internasional (IP54). Digit pertama (5) mengacu pada proteksi terhadap benda padat, sedangkan digit kedua (4) proteksi terhadap cairan. Menurut para ahli, skuter listrik memiliki perlindungan terbatas terhadap semprotan air dan debu.

anti-air

 

Komponen lain pada skuter juga ada yang anti air. Misalnya, rem cakram di bagian depan dan belakang sangat kuat untuk mengurangi kecepatan atau menghentikan laju skuter meski dalam kondisi hujan. Ingat, tahan air berbeda dengan anti air. Kebanyakan skuter listrik tahan air (water resistant) atau tahan cipratan (splash resistant), tapi tidak anti air (waterproof). Itulah mengapa kamu masih bisa mengendarainya saat hujan ringan. Namun jika kamu melewati banjir, genangan air yang lumayan dalam, maka besar kemungkinan skuter bakal berhenti beroperasi dan bisa menyebabkan kerusakan permanen pada elektronik skuter. Saat hujan mulai turun, tunda untuk berkendara. Jika hujan mulai turun saat berkendara, cari tempat berteduh. Pastikan air tidak bersentuhan dengan skuter, terutama di bagian yang sensitif.

Bagaimana agar Skuter Listrik dibuat Anti Air

Langkah pertama adalah melindungi konektornya. Untuk melakukan ini, olesi dengan gemuk dielektrik. Dielektrik adalah sejenis bahan isolator listrik yang dapat dikutubkan (polarized) dengan cara menempatkan bahan dielektrik dalam medan listrik. Cara ini bisa membantu mengisolasi konektor dari kelembaban dan udara, serta dari oksidasi.

gemuk

Selanjutnya, gunakan liquid tape untuk mengisolasi komponen-komponen kecuali indikator LED. Akan lebih baik jika menggunakan kantong baterai yang disemprot dengan semprotan anti air, dan mengecor komponen elektrik dengan lem tembak.

Kesimpulan

Saat skuter listrik basah, segera matikan, keluarkan baterai, dan keringkan. Agar tidak membahayakan, selimuti skuter listrik dengan bahan tahan air ketika tidak digunakan. Cara ini akan melindungi skuter listrik dari kelembaban yang berlebih. Sebagai alternatif, gunakan kanopi untuk melindungi skuter.

Leave a Reply

0878-8216-30300856-9120-2326