0

No products in the cart.

Mau Beli Skuter Listrik, Baca Dulu Tips Berikut

July 3, 2020 Categories: Digital & Electronics.
tips memilih skuter listrik

Halo sob, saya Bowo dari Melotronic.com dan ini adalah 6 tips memilih skuter listrik buat para pemula. Saya sering banget ditanya tentang bagaimana cara memilih skuter listrik yang pas buat pemula. So, di artikel kali ini saya bakal share beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membeli skuter listrik untuk pertama kalinya. Tentunya, tips ini juga berlaku buat kalian yang mau upgrade skuter.

1. Budget

Pertama yang harus kalian pertimbangkan tentu saja adalah budget kalian, seberapa besar dana yang rela kalian gelontorin untuk sebuah skuter listrik. Setelah itu baru kita bisa mempersempit pilihan harga skuter yang sesuai dengan budget kita. Pilihannya bervariasi, bisa dibawah 5 juta, 5 sampai 10 juta, 10 sampai 20 juta, 20 sampai 30 juta atau di atas 40 juta. Kira-kira itu range harga skuter yang ada di pasaran saat ini.  Tentunya kalian juga harus realistis ya, kalau budget kalian nggak terlalu besar, pastinya kalian juga nggak bisa mendapatkan skuter dengan performa hebat dan fitur fitur premium. Namun di sisi lain, dengan membeli skuter yang mahal juga belum tentu cocok untuk kebutuhan kalian. Jadi sebaiknya kita sesuaikan dengan budget yang sudah kita tentukan.

2. Fungsi dan Kebutuhan

Tujuan kalian membeli skuter listrik untuk apa. Apakah untuk dipakai bolak-balik kerja? apakah untuk menghemat ongkos bensin dan menggantikan mobil atau motor, atau hanya sekedar having fun? Lalu kebutuhannya seperti apa. Apakah tempat tujuan kalian sehari-hari itu dekat atau jauh? Apakah jalan yang kita bakal lewati bakal mulus-mulus saja atau melewati jalanan berlobang? Nah, dari situ juga kalian bisa tahu apakah skuter yang kalian inginkan perlu memiliki baterai berkapasitas besar atau mungkin butuh yang ada suspensinya.

3. Faktor Safety

Safety sangat penting karena ini menyangkut keselamatan diri kita. Jadi pastikan skuter yang kalian pilih punya sistem pengereman yang baik. Kalau ada sistem hidrolik, pilihlah yang hidrolik walaupun harganya sudah pasti lebih mahal. Kalau kalian sering riding di malam hari, sebaiknya pilih skuter yang sudah dilengkapi dengan lampu. Ini sangat membantu kita agar lebih terlihat oleh pengendara mobil atau motor.

4. Penyimpanan

Nah, kita juga harus memikirkan tempat penyimpanan skuter sewaktu tidak digunakan. Buat rumah dengan garasi kecil atau apartemen, sebaiknya pilih skuter yang lebih compact karena itu bisa menghemat space. Atau mungkin kalian ingin memasukan skuter ke dalam mobil, sebaiknya kalian pilih skuter yang gampang dilipat.

5. After Sales atau Maintenance

Kita  harus ingat bahwa skuter listrik suatu saat, entah kapan, pasti akan bermasalah, seperti kelistrikannya, rem, ban dan lain-lain. Pastikan kalian mendapatkan garansi sewaktu membeli skuter. Pastikan juga skuter diservis setiap pemakaian 500 sampai 1000 km.

6. Test Drive

Supaya kalian lebih yakin dengan skuter yang kalian pilih, ada baiknya langsung datang ke toko dan menjajalnya. Dengan begitu, kamu akan dapat feel dan experience-nya. Namun, jika kalian nggak bisa berkunjung ke tokonya, cara satu-satunya adalah dengan melihat review skuter di YouTube.

Ok, itu saja dari saya dan kalau kalian ada tips tambahan yang belum disebutkan, kalian bisa tulis di kolom komentar. Ingatlah bahwa tidak ada skuter yang sempurna. Skuter yang termahal pun belum tentu sesuai dengan kebutuhan kita. Jadi pilihlah skuter yang benar-benar cocok untuk kalian.

Leave a Reply

0878-8216-30300856-9120-2326