0

No products in the cart.

Apakah Sepeda Listrik Kuat Nanjak

September 3, 2020 Categories: Digital & Electronics.
sepeda listrik nanjak

Bisakah sepeda listrik melibas tanjakan? Pastinya, dan bahkan jauh lebih mudah daripada mengendarai sepeda tradisional. Satu-satunya masalah yang mungkin terjadi adalah saat baterainya habis. Namun, kamu masih bisa mengayuh sepedanya meski bakal sedikit melelahkan.

Ada dua jenis sepeda listrik. Yang pertama dilengkapi dengan throttle dan mirip seperti sepeda motor. Pada ebike jenis ini, kamu hanya cukup memutar gasnya. Selama tanjakan yang dilewati tidak terlalu curam, kamu akan sukses sampai di atas.

Model sepeda listrik yang banyak beredar adalah pedelec. Sepeda listrik jenis ini merupakan sepeda yang dioperasikan dengan pedal dan listrik. Bagian kelistrikan umumnya berupa motor dan aki, yang bisa diaktifkan untuk membantu mengayuh. Dorongan listrik dari pedelec biasanya mampu mencapai kecepatan 25 kpj.

Saat kita mengendarai sepeda biasa di jalan menanjak, kecepatannya akan menurun dibandingkan dengan bersepeda di jalan datar. Kecepatan rata-rata saat menanjak dengan kemiringan 5% adalah 15 kpj, dan untuk pesepeda yang sudah kawakan, kecepatannya bisa mencapai 24 kpj. Dalam kedua contoh tadi, kecepatan tersebut akan lebih mudah dicapai dengan bantuan pedelec.

Pada kemiringan 8%, maka kecepatannya akan turun hingga 11 kpj. Dengan pedelec, sepeda akan melaju lebih cepat meski dengan usaha yang sama seperti saat mengayuh sepeda standar. Pedelec juga dapat menghemat tenagamu jika melaju dengan kecepatan yang sama.

Saat kamu melakukan perjalanan panjang dengan sepeda, sisa-sisa tenaga di badan akan membantumu kembali ke rumah, bahkan ketika penggerak listriknya aktif sepanjang perjalanan. Bagi sebagian orang, ini mungkin dianggap curang; saya menganggapnya sebagai riding smarter.

Sepeda listrik memiliki beragam pengaturan. Pengaturan ini dapat menghemat daya baterai, atau bahkan sebaliknya. Salah satu pengaturan yang biasanya dimiliki pedelec adalah pengaturan untuk mematikan motor. Saat motor dimatikan, kamu akan mengendarai pedelec bak sepeda biasa meski terasa lebih berat.

Ada kalanya kamu ingin melesat lebih cepat dengan setelan “Turbo” atau sejenisnya. Biasanya, ini pengaturan tertinggi dalam hal kecepatan dan akan memudahkanmu saat ingin melibas tanjakan. Namun pengaturan di level terkencang juga akan membuat pemakaian baterai lebih boros.

Agar tidak kehabisan baterai dalam perjalanan, ada baiknya untuk merencanakan rute perjalanan di awal. Ketahui jalur mana yang hendak dilewati dan kapan bantuan listrik digunakan. Hindari penggunaan tenaga listrik terlalu sering agar baterainya awet hingga akhir perjalanan.

Nah, menjawab pertanyaan apakah sepeda listrik kuat diajak nanjak, maka jawabannya adalah YES, bahkan pendakian jadi lebih menyenangkan dengan sepeda listrik.

Leave a Reply

0878-8216-30300856-9120-2326