0

No products in the cart.

Cara Mengendarai E Bike dengan Aman

September 1, 2020 Categories: Digital & Electronics.
ebike

Keselamatan saat mengendarai e-bike menjadi topik hangat setelah presenter TV Simon Cowell terluka parah akibat jatuh dari “sepeda listrik” beberapa waktu lalu. Namun, kamu tidak perlu panik.

Belakangan diketahui bahwa sepeda yang dimaksud adalah kendaraan off-road dengan kecepatan maksimum 96 kpj. Secara teknis kendaraan yang digunakan Simon memang masih tergolong sepeda listrik, tapi dengan spek dewa. Sepeda listrik umumnya memiliki pedal – juga dikenal sebagai pedelec (sepeda listrik berpedal) – dengan motor kecil dan kecepatannya hanya sebatas 24 -32 kpj.

Menurut pihak pabrikan, sepeda milik Cowell berbeda dengan kebanyakan sepeda listrik dan tidak boleh digunakan di jalanan umum. Yup, sepeda tersebut hanya boleh digunakan di atas lahan privat.

Pedelec tidak sekuat itu, dan kamu tidak perlu mengenakan jaket motor saat mengendarainya. Namun, ada beberapa langkah yang dapat kamu lakukan untuk membuat pengalamanmu bersama e-bike jadi lebih aman. Berikut saran dari ahlinya: “Siapa pun yang mengendarai e-bike dapat mengambil langkah-langkah sederhana untuk memaksimalkan keselamatan mereka,” kata Tjok dari Melotronic. Berikut kiat penting untuk melindungi diri (dan sepeda) saat berkendara:

Sepeda Listrik

Baca manualnya! Periksalah sebelum pergi. Periksa tekanan ban; jika kamu tidak memiliki pompa, kami sarankan untuk beli! Mengingat bobot e-bike, hal ini menjadi sangat penting dibandingkan sepeda kayuh konvensional.

Biasanya tekanan yang direkomendasikan tertera pada dinding ban. Jagalah agar sepeda tetap bersih dan terlumasi dengan baik, terutama rantainya, yang harus diberi sedikit minyak secara teratur (setidaknya setiap beberapa kali bersepeda). Jaga kabel rem tetap kencang. Jika baterai dapat diangkat, pastikan kontak dalam keadaan bersih dan kering. Pastikan baterai selalu terisi dengan baik.

Jika sepedanya masih baru, mulai dengan pengaturan tenaga terendah (jika tersedia) ketika mencobanya. Ini dimaksudkan untuk membiasakan diri terhadap performa dan penyaluran tenaganya. Berhati-hatilah saat melewati medan basah; tenaga yang dimiliki e-bike dapat menyebabkan selip jika kamu tidak terbiasa dengan karakter sepeda.

Pengendara

Selalu gunakan helm, pelindung siku dan lutut. Kenakan baju Hi-viz jika ada, atau pakaian yang sewajarnya.

Berkendara dengan E-Bike

Perhatikan kondisi jalan. Kamu dapat dengan mudah melesat saat penggerak listriknya aktif, yang mana sangat menolong saat menanjak, tapi juga bisa membahayakan jika tidak hati-hati.

Jika kamu mengendarai e-bike untuk pertama kalinya, cobalah di jalan yang sepi hingga kamu terbiasa. Selalu patuhi semua aturan jalan agar kamu aman bersepeda dan bisa menghindari konflik dengan pengguna jalan lain.

Melotronic menyediakan beragam pilihan E-Bike Berkualitas:

 

Leave a Reply

0878-8216-30300856-9120-2326