Cara Merawat Baterai Sepeda Listrik Agar Awet & Tahan Lama

July 2, 2020 Categories: Digital & Electronics.
merawat baterai sepeda listrik

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara merawat baterai sepeda listrik supaya awet dan tidak mudah rusak ya gaes. Karena harga baterai sepeda listrik cukup menguras isi dompet, maka penting untuk merawatnya. Simak tips-nya di bawah ini.

Untuk tahap awal, saat selesai mengendarai atau baterai sudah habis, segera lakukan pengisian ulang. Caranya sebagai berikut ya gaes, matikan mesin lalu cabut kunci, jangan cas ketika mesin dalam keadaan off. Cabut listrik controller pada baterai lalu sambungkan baterai ke soket listrik ya gaes.

Oke deh sekarang ke tahap berikutnya, hindari tanjakan yang terlalu ekstrem sebab kelemahan sepeda listrik, apalagi sepeda non premium, yaitu pada saat melibas tanjakan. Nah, jika memungkinkan, agar baterainya tetap awet, hindari medan tanjakan. Umumnya, kinerja sepeda listrik bisa maksimal di permukaan datar. Ketika melewati jalan menanjak, ada baiknya membantu kerja baterai dengan cara menggowes sepeda secara manual.

Jangan langsung tancap gas saat riding. Lebih baik urut gas secara perlahan sewaktu ingin menambah kecepatan. Apabila gas dibetot secara mendadak, ini akan berdampak pada penyerapan energi listrik dalam jumlah besar, dan berpotensi merusak controller karena cepat panas. Jika ini sering terjadi, baterai akan cepat soak. Jadi usahakan ngegas secara perlahan. Pun saat akan berhenti, kendurkan gas secara perlahan.

Jangan biarkan baterai dalam keadaan kosong untuk jangka waktu yang lama. Jika dibiarkan kosong terus menerus, usia baterai dijamin tidak akan lama. Maka dari itu, baterai harus rutin dicas. O iya, jangan asal ngecas ya, karena baterai yang kelamaan dicas juga tidak baik. Cek buku manual untuk mengetahui durasi pengecasan baterai yang disarankan. Jika perlu, gunakan timer otomatis saat sedang mengecas.

Nah gaes, demikian tadi tips merawat baterai sepeda listrik supaya tetap awet dan tahan lama. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada pembahasan selanjutnya.

 

Baca juga:

Cara Memilih Sepeda Listrik

Selamatkan Bumi dan Hemat Lebih Banyak Uang dengan Sepeda Listrik

Apakah Sepeda Listrik Kuat Nanjak

Perlukah Membeli Sepeda Listrik

Rayvolt Torino, Sepeda Listrik yang Bisa Diajak Main Jauh

5/5 - (1 vote)

Leave a Reply

0813-8422-80400856-9120-2326