Ingin Skuteran Karena Bosan di Rumah, Lakukan Ini Agar Tubuh Tetap Steril dari Covid-19

March 26, 2020 Categories: Digital & Electronics.
bosan

Mungkin Anda sedang bosan karena terlalu lama diam di rumah, dan ingin riding sebentar dengan skuter listrik sambil menikmati udara segar. Itu sah-sah saja asalkan dilakukan di tempat yang sepi dan jauh dari keramaian. Nah, dalam situasi seperti sekarang ini, mungkin Anda bertanya: Bisakah Covid-19 melekat di pakaian saya? Apakah virus berinteraksi secara berbeda terhadap material/bahan yang berbeda? Haruskah saya mengganti pakaian setelah kembali ke rumah? Berikut penjelasan singkat dari para ahli kesehatan yang sedang mempelajari virus tersebut.

Apakah mungkin virus ditularkan melalui pakaian kita? Jawaban singkatnya: kemungkinan tidak. “Tidak ada data yang menunjukkan bahwa Anda dapat terinfeksi langsung melalui pakaian Anda,” kata Dr. Jill Weatherhead, asisten profesor pediatri yang menggeluti pengobatan tropis dan penyakit menular di Baylor College of Medicine.

Jawaban panjangnya adalah bahwa belum ada penelitian konkret tentang berapa lama virus Corona dapat bertahan hidup di baju, celana dan sepatu. Dari beberapa temuan dikatakan bahwa virus dapat bertahan hidup di “permukaan yang tidak berpori,” seperti kertas atau karton, selama 24 jam, dan pada material plastik dan baja hingga tiga hari. Pakaian memiliki permukaan yang “berpori”, yang mana lebih buruk [karena bisa menyembunyikan virus] daripada kardus,” kata Dr. Philip Tierno, seorang ahli mikrobiologi di NYU Langone Health.

Dr. Weatherhead mengklarifikasi bahwa meskipun hal tersebut bisa saja terjadi, kemungkinan besar Anda tidak akan terinfeksi karena apa yang Anda kenakan. “Ada kemungkinan bahwa jika pakaian Anda terkontaminasi oleh virus dan Anda menyentuhnya dan kemudian menyentuh mulut, hidung, atau mata Anda, Anda bisa terinfeksi virus. Namun, ini bukan cara penularan yang umum kecuali Anda berada dalam sebuah ruangan yang berisiko tinggi, seperti perawat medis. ”

Haruskah saya mengganti pakaian yang saya kenakan saat tiba di rumah? Dr Anthony Fehr, asisten profesor dari Universitas Kansas yang telah mempelajari virus Corona sejak 2012 menjelaskan bahwa, jika Anda menyentuh banyak permukaan dengan pakaian Anda, maka Anda harus mengganti pakaian.

Apakah lebih aman menyentuh sesuatu dengan lengan baju ketimbang tangan? Sejak mewabahnya virus Corona, Anda mungkin sering menarik lengan baju untuk menekan tombol lift, memegang gagang pintu, dan menerima paket. Anda mungkin berpikir, logikanya jika virus paling mudah ditularkan saat tangan menyentuh wajah, cara ini bisa mencegah tangan Anda bersentuhan dengan virus sedari awal; ini adalah pemikiran yang salah. “Itu bukan hal cerdas untuk dilakukan,” kata Dr. Tierno. “Lebih baik gunakan tanganmu lalu mencucinya.”

Riding singkat dengan skuter mungkin bisa mengurangi kejenuhanmu di rumah. Namun, jangan lupa hal-hal di atas setibanya kembali ke rumah. Pedoman terbaik untuk diikuti, yang juga sering kita dengar berulang-ulang kali selama beberapa minggu terakhir yaitu tetap di dalam rumah, jaga jarak dengan orang sekitar jika berada di luar, dan jangan lupa mencuci tangan sesering mungkin.

 

Baca juga:

Tips Agar Tidak Celaka saat Naik Skuter Listrik

Mau Beli Skuter Listrik, Baca Dulu Tips Berikut

Lagi Lockdown, Yuk Rawat Skuter Listrik di Rumah

Sepeda Listrik dan Skuter Dapat Membantu Mencegah Penyebaran Virus Corona

Tips Aman Berkendara dengan Skuter

Rate this post

Leave a Reply


Warning: Undefined array key 0 in /home/melotronic/public_html/wp-content/themes/melotronicw/single.php on line 27

Warning: Attempt to read property "term_id" on null in /home/melotronic/public_html/wp-content/themes/melotronicw/single.php on line 27
0822-3030-60270856-9120-2326