0

No products in the cart.

5 Komponen Penting dari Sistem Konferensi Video 

May 20, 2020 Categories: Digital & Electronics.
video conference

Ada banyak sistem dan perangkat konferensi video yang beredar di pasaran. Ketika ingin membangun sebuah sistem konferensi video yang mumpuni, kamu harus memahami beberapa komponen penting berikut:

1. Kamera Video atau Webcam

Konferensi video tidak akan mungkin terjadi tanpa hadirnya kamera. Siapa pun yang berkomunikasi melalui video harus dapat dilihat dengan jelas, tanpa tersendat-sendat saat sedang berbicara. Kualitas kamera terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir, dan harganya bahkan terus turun. Ini berarti banyak orang, termasuk pelanggan Anda, akan mampu membeli kamera video atau webcam dengan resolusi yang relatif tinggi.

2. Input Audio

Sistem konferensi video tidak akan maksimal tanpa audio yang jelas dan mudah dimengerti. Tentu saja kita tidak bisa mengontrol kualitas perangkat yang digunakan lawan bicara, tapi kita dapat memastikan bahwa ucapan kita ditangkap seefektif mungkin dengan mikrofon berkualitas tinggi (yang ditempatkan dengan baik).

3. Perangkat Codec

Komponen ini juga tak kalah penting. Codec merupakan hardware atau software yang secara digital mengompresi audio dan video saat sesi konferensi. Kemudian, “paket” ditransmisikan melalui jaringan digital (jaringan IP) ke satu atau beberapa endpoint. Selalu gunakan perangkat codec yang bisa mencapai tingkat kompresi tinggi sehingga audio dan video diteruskan dengan mulus, secara real-time. Saat ini, sudah banyak perangkat codec yang memiliki tingkat kompresi hingga 1:500.

4. Perangkat Endpoint

Ini mengacu pada beberapa perangkat yang menangani output video dan audio dalam sebuah sistem konferensi, termasuk display video, pengeras suara, telepon, layar TV, proyektor, dll. Perangkat ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan, mulai dari unit desktop yang berdiri sendiri hingga sistem berbasis kamar yang lebih besar. Pilih sistem endpoint yang sudah mapan dan telah terbukti oleh pengguna lain.

5. Sistem Komputer Yang Tepat

Dalam sebuah sistem konferensi, komputer bertugas menangani kompresi dan dekompresi data, dan menyediakan akses ke jaringan. Tergantung dari kebutuhan dan ukuran sistem konferensi video yang ingin Anda bangun, komputer yang lebih kuat dengan kecepatan pemrosesan yang lebih tinggi mungkin diperlukan.

Masalah yang mungkin terjadi selama konferensi video

Masalah umum yang mungkin timbul selama konferensi video atau webinar adalah koneksi jaringan yang buruk atau kurangnya bandwidth. Koneksi yang buruk dapat mengakibatkan video sering freeze, gagal berbagi layar, delay dan audio yang terputus-putus.

Untuk paket video conference berkualitas, klik link yang tersedia.

Leave a Reply

0878-8216-30300856-9120-2326