0

No products in the cart.

Fungsi Interactive Whiteboard bagi Pengajar dan Siswa

December 14, 2018 Categories: Uncategorized. Tags: interactive whiteboard.
interactive whiteboard

Kita hidup di dunia di mana hal-hal jauh lebih menuntut dan oleh karena itu kita selalu mencari pilihan yang bisa membuat kita menjadi lebih baik daripada apa yang sudah kita miliki. Siswa saat ini memiliki lebih banyak pilihan daripada di masa lalu. Mereka memiliki kenyamanan internet dan teknologi yang dapat membantu mengetahui hal-hal dengan cara yang lebih baik dan lebih cepat. Hari ini, jika siswa ingin tahu lebih banyak tentang studi mereka, mereka dapat dengan cepat menemukan informasi yang lebih relevan tentang subjek yang ingin mereka ketahui. Siswa kini bisa mendapatkan informasi tambahan dengan beragam cara dan bahkan menikmati proses belajar mengajar interaktif yang sebelumnya tidak tersedia.

Sekarang ini, sekolah dan perguruan tinggi cenderung menggunakan komputer di ruang kelas karena dapat memudahkan siswa. Mereka dapat dengan cepat menjelajahi informasi atau melihat hal-hal yang dijelaskan oleh pengajar di komputer utama. Akan tetapi, tidak semua sekolah dan perguruan tinggi dapat membeli begitu banyak komputer untuk ruang kelas mereka dan oleh karena itu ada kebutuhan untuk satu komputer raksasa yang dapat digunakan guru atau pengajar. Di sinilah peran interactive whiteboard untuk membantu para guru dalam memberikan informasi kepada siswa. Saat ini, papan tulis interaktif telah banyak digunakan di sekolah dan perguruan tinggi. Interactive whiteboard tidak hanya membuat proses belajar mengajar jadi lebih mudah, tapi juga membuat siswa lebih tertarik dalam mempelajari mata pelajaran yang membosankan.

interactive whiteboard di kelas

Interactive whiteboard cocok untuk semua siswa. Kami tidak hanya berbicara tentang anak-anak di sekolah dan perguruan tinggi tapi juga dapat digunakan di banyak kantor perusahaan di mana pelatihan diberikan kepada karyawan dan eksekutif. Selain itu, interactive whiteboard juga dapat digunakan di berbagai ruang konferensi dan bahkan di sekolah-sekolah di daerah pedesaan di mana anak-anak tidak memiliki fasilitas untuk menggunakan satu komputer per siswa. Papan tulis interaktif juga akan menurunkan keseluruhan anggaran karena Anda tidak perlu membeli banyak komputer begitu Anda memiliki papan tulis interaktif ini.

Interactive whiteboard bisa berfungsi bak papan tulis konvensional dan oleh karena itu Anda tidak perlu membeli papan tulis konvensional secara terpisah. Papan tulis ini dirancang dengan beragam pilihan yang bermanfaat bagi siswa dan pengajar. Ketika Anda ingin menggunakan papan tulis interaktif sebagai papan tulis biasa, maka yang perlu Anda lakukan ialah membuka dokumen notepad apa pun di layar dan mulai menulis dengan jari atau pena Anda.

Penggunaan papan tulis ini pastinya juga akan menghemat banyak uang. Oleh karena itu, membeli whiteboard ini bisa dibilang sebuah investasi. Misalnya, bayangkan jumlah uang yang Anda habiskan jika harus menyediakan komputer untuk setiap siswa. Yah, dengan ratusan komputer Anda bisa menghabiskan ratusan juta per kelas tetapi dengan satu papan tulis interaktif tunggal per kelas, Anda hanya menghabiskan beberapa puluh juta saja. Di sisi lain, smart board ini sangat interaktif karena dilengkapi antarmuka layar sentuh. Dengan begitu, Anda tak lagi membutuhkan spidol papan tulis karena dokumen notepad mudah dibuka dan dilihat di layar; mereka juga dapat menggunakan jari untuk menulis di layar papan tulis. Anda tidak perlu penghapus atau lap khusus karena Anda cukup menyeka tangan Anda di atasnya (layar) untuk menghapus konten tanpa ada bekas tinta di telapak tangan Anda.

fungsi interactive whiteboard

Semua informasi teks yang ditulis di interactive whiteboard dapat disimpan langsung ke hard drive komputer dan ini sangat nyaman bagi para pengajar dan siswa. Jika ada siswa yang belum paham, Anda dapat dengan mudah membuka kembali dokumen yang sama dan menjelaskan kembali dari awal. Di sisi lain, Anda dapat membuka banyak tab dengan beragam informasi dan karenanya memungkinkan Anda untuk berpindah dari satu halaman ke halaman lain untuk memastikan bahwa para siswa memahami apa yang Anda coba jelaskan. Jika Anda mencoba menjelaskan perbedaan antara dua gambar yang berbeda maka Anda dapat menempelkannya dari satu sisi ke sisi lain dan membiarkan siswa melihat perbedaannya sendiri. Oleh karena itu, prosesnya menjadi jauh lebih interaktif daripada papan tulis biasa yang tidak memberi Anda banyak kebebasan.

Papan tulis interaktif sangat mudah digunakan karena Anda tidak memerlukan keyboard atau mouse. Pengajar yang tahu dasar-dasar tentang cara menggunakan komputer akan dengan mudah mengoperasikan papan tulis interaktif karena berfungsi seperti iPad raksasa. Semua opsi dapat digunakan pada antarmuka layar sentuh dan guru dapat dengan cepat menutup membuka dokumen baru dan memindahkan dokumen yang diinginkan. Di sisi lain, papan tulis interaktif juga dapat digunakan oleh siswa untuk menuangkan ide-ide mereka dan menjelaskannya ke kelas. Pengajaran di kelas menjadi lebih menarik karena siswa dapat langsung terlibat sehingga menjadi proses komunikasi dua arah. Interactive whiteboard juga dapat terhubung ke internet sehingga siswa dapat mengakses informasi secara real time. Inilah mengapa, interactive whiteboard membuka pintu baru dalam dunia pendidikan.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0878-7529-5340