0

No products in the cart.

Interactive Digital Whiteboard Memudahkan Kolaborasi dan Brainstorming saat Meeting Kantor

July 11, 2018 Categories: Digital & Electronics. Tags: digital board, digital whiteboard, and smart board.

Digital whiteboard atau smart board adalah layar interaktif besar dalam bentuk seperti papan tulis. Layar atau display-nya ini bisa berupa layar sentuh mandiri yang digunakan secara terpisah, atau bisa juga alat yang dapat dihubungkan, yang digunakan sebagai touchpad untuk mengendalikan komputer dari proyektor. Smart board ini bisa digunakan dalam berbagai acara dan ruang, termasuk ruang kelas di sekolahan, di ruang rapat di perkantoran, di ruang pelatihan untuk pembinaan olahraga, di studio penyiaran, dan lain-lain.

Papan tulis interaktif pertama dirancang dan diproduksi untuk digunakan di kantor. Perangkat ini dikembangkan oleh PARC sekitar tahun 1990. Papan tulis digital kemudian jamak terlihat dalam rapat-rapat kecil.

Jumlah penjualan pada industri digital board ini diperkirakan sudah tembus US $ 1 miliar di seluruh dunia di tahun 2008; satu dari setiap tujuh ruang kelas di dunia sudah menggunakan papan tulis interaktif pada tahun 2011, menurut riset pasar oleh Futuresource Consulting. Pada tahun 2004, 26% dari ruang kelas utama di Inggris sudah memiliki papan tulis interaktif. Survey yang dilakukan Becta Harnessing Technology Schools pada tahun 2007 menunjukkan bahwa 98% sekolah menengah dan 100% sekolah dasar sudah memiliki interactive whiteboard.

Samsung Menciptakan Digital Whiteboard / Smart Board Raksasa

Pada gelaran Consumer Electronics Show beberapa waktu lalu, Samsung menyingkap digital whiteboard dengan layar 4K berukuran 55 inci yang bisa digunakan pada posisi portrait dan landscape. Perangkat tersebut dirancang untuk kebutuhan ruang meeting. Dengan dudukan beroda yang bisa diatur ketinggiannya, Samsung Flip nyaman digunakan dan bisa diajak pindah ruangan dengan mudah.

Perangkat digital whiteboard garapan Samsung ini juga mengusung koneksi nirkabel, USB, PC dan mobile port. Jadi, urusan koneksi ke perangkat lain tak akan jadi masalah. Selain itu, peserta meeting kini tak harus memiliki “mata elang”. Pasalnya, gambar yang ditampilkan pada layar Samsung Flip bisa langsung diperlihatkan secara real time di PC, smartphone dan tablet yang mereka punya. Kolaborasi juga jadi lebih mudah karena layar flipchart besutan Samsung ini bisa digunakan oleh 4 orang sekaligus. Yup, mereka bisa menggambar atau menulis dengan menggunkan stylus atau jari di layar Flip secara bersamaan.

Dengan dikeluarkannya produk ini, Samsung jelas berusaha menyaingi keberadaan Microsoft Surface Hub dan Google Jamboard. Kedua pesaing berat Samsung ini juga memiliki layar papan tulis raksasa berukuran 55 inci yang ditargetkan untuk kebutuhan bisnis, rapat dan kolaborasi.

Berikut daftar perangkat interactive digital whiteboard atau smart board yang ada di pasaran:

1. Samsung Flip
2. Google Jamboard
3. Microsoft Surface Hub
4. Cisco Spark Board
5. SMART kapp iQ
6. Dell’s interactive conference room monitors
7. Mondopad Ultra

Jika perusahaan memiliki anggaran besar, membeli papan tulis interaktif adalah keputusan yang tepat. Namun sayangnya, untuk sebagian besar bisnis di Indonesia, harga adalah salah satu faktor penentu terbesar.

Digital board memang dibanderol dengan harga mahal. Selain itu, beberapa perangkat eboard ini hanya bisa dihubungkan dengan OS (sistem operasi) dan software (perangkat lunak) tertentu. Ya seperti contoh whiteboard digital keluaran Microsoft tadi.

Karena banyaknya fitur yang dimiliki sebuah digital whiteboard, perlu ada pelatihan khusus agar bisa menggunakannya secara maksimal. Memang betul, beberapa perusahaan pembuat digital whiteboard ini menawarkan pelatihan, tetapi tidak semua dan bahkan pelatihan yang disediakan mungkin tidak cukup untuk mempelajari seluruh kemampuan yang ada di digital whiteboard.

Akan tetapi, manfaat yang bisa didapat dari papan tulis digital juga sangat banyak. Proses kolaborasi dan brainstorming akan jauh lebih baik jika menggunakan interactive digital whiteboard. Dengan begitu, produktivitas pun meningkat.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan interactive digital whiteboard pada meeting kantor Anda berikutnya, silahkan beli perangkatnya di melotronic.com.

Interactive Digital Whiteboard Memudahkan Kolaborasi dan Brainstorming saat Meeting Kantor
5 (100%) 6 vote[s]

Leave a Reply

0878-8216-30300856-9120-2326