0

No products in the cart.

Papan Tulis Interaktif / Interactive Board

November 29, 2018 Categories: Digital & Electronics. Tags: interactive whiteboard.
iwb

Interactive whiteboard adalah layar interaktif besar dalam bentuk seperti papan tulis. Perangkat ini bisa berupa layar sentuh komputer standalone yang digunakan secara mandiri. Mereka bisa digunakan di banyak tempat termasuk sekolah, ruang meeting kantor, ruang pelatihan olah raga, studio broadcasting dan lain-lain.

Interactive whiteboard awalnya dirancang dan dibuat untuk keperluan kantor. Mereka dikembangkan oleh PARC di tahun 1990-an. Papan tulis interaktif ini biasa digunakan dalam meeting atau pertemuan berskala kecil.

Industri interactive whiteboard diharapkan mencapai penjualan sebesar USD 1 Milyar pada tahun 2008; satu dari 7 ruang kelas di dunia diharapkan sudah menggunakan interactive whiteboard pada tahun 2011 menurut riset pasar yang dilakukan Futuresource Consulting. Di 2004, 26 persen sekolah dasar di Inggris sudah menggunakan interactive whiteboard. Survey Becta Harnessing Technology pada tahun 2007 mengindikasikan 98% sekolah menengah atas dan 100% sekolah dasar sudah memiliki interactive whiteboard. Pada tahun 2008, angka rata-rata interactive whiteboard meningkat baik di sekolah dasar (18 dibandingkan hanya 6 di 2005, dan 8 di survey tahun 2007) dan sekolah menengah atas (38, dibandingkan dengan 18 di 2005 dan 22 di 2007).

Penggunaan Umum

Perangkat interactive whiteboard bisa berupa komputer mandiri atau touchpad besar yang bisa dioperasikan melalui komputer.

Biasanya, driver akan dipasang pada komputer sehingga interactive whiteboard bisa berfungsi layaknya human input device, seperti mouse. Output video pada komputer terhubung dengan proyektor digital sehingga gambar bisa ditampilkan di layar interactive whiteboard.

Kebanyakan interactive whiteboard memiliki software yang menyediakan alat-alat dan fitur yang secara spesifik dirancang untuk memaksimalkan interaksi. Umumnya, alat-alat ini berupa kemampuan untuk membuat kertas flipchart versi virtual, pena dan opsi highlighter, bahkan penggaris virtual dan instrumen kompas yang biasanya digunakan dalam pengajaran di kelas.

Interactive whiteboard bisa digunakan untuk:

– Menjalankan software pada komputer yang terhubung, seperti peramban website atau software lainnya yang digunakan di kelas.
– Mengambil dan menyimpan catatan yang ada pada whiteboard ke komputer yang terhubung.
– Mengambil catatan yang ada pada tabet yang terhubung ke whiteboard.
– Mengontrol komputer dari whiteboard menggunakan click and drag.
– Menggunakan software OCR untuk mengenali penulisan pada grafik ke bentuk teks.
– Menggunakan sistem audience response sehingga presenter bisa membuat polling dan quiz untuk mendapatkan feedback ke whiteboard.

Samsung Flip

Samsung telah mengembangkan interactive whiteboard Flip untuk menanggapi kebutuhan perusahaan dalam berbagi ide dan kreativitas saat meeting. Samsung Flip mempromosikan kreativitas dan kerja tim dalam memecahkan tantangan utama yang dihadapi perusahaan untuk mengatur, mengoptimalkan, dan menyatukan rincian yang mungkin muncul selama rapat. Papan Tulis interaktif ini memungkinkan Anda dengan mudah berbagi informasi dan anotasi, serta melakukan pencarian.

interactive whiteboardDengan desainnya yang apik, Samsung Flip memiliki kemiringan 4,5 derajat, pena digital dan baki belakang yang luas untuk melekatkan perangkat lain yang dibutuhkan pengguna. Stand-nya yang berbasis roda memberikan kemudahan mobilisasi sehingga ruang apapun bisa digunakan sebagai ruang meeting dan kolaborasi.

Hingga empat peserta dapat berinteraksi di layar pada saat yang sama, menggunakan pena yang tersedia atau pensil atau pena lainnya, bahkan jari Anda bisa digunakan sebagai alat untuk menulis di layar Samsung Flip. Dengan demikian setiap pengguna dapat menyesuaikan anotasi mereka dengan style, ukuran dan warna teks mereka sendiri. Selain itu, sensor built-in pada Flip akan mengaktifkan layar ketika seseorang mendekatinya.

Untuk interaktivitas yang lebih besar, interactive whiteboard Flip menawarkan kompatibilitas dengan perangkat lain, melalui konektivitas nirkabel, serta port USB dan HDMI. Fungsi berbagi layar yang terintegrasi membuat konten smartphone, tablet, dan PC dapat ditampilkan dalam format resolusi UHD tanpa gangguan atau penurunan kualitas visual.

desain-interactive-whiteboard-flip

Dengan cara ini, pengguna dapat melakukan streaming konten yang disimpan di perangkat pribadi mereka ke Samsung Flip dan berbagi ide selama presentasi, dan bahkan menavigasi layar pada perangkat mereka. Teknologi NFC yang terintegrasi memungkinkan sinkronisasi perangkat seluler yang kompatibel dengan layar tanpa harus mengubah pengaturan.

Hasil meeting yang ada pada Samsung Flip dapat dibagikan ke peserta melalui email, ekspor ke memori USB, dikirim ke printer atau disimpan di jaringan.

Konten yang ada pada interactive whiteboard Flip bisa disimpan dengan aman di memori yang tersedia, dan anotasi pada halaman virtual dapat dilindungi dengan kata sandi, yang hanya bisa diakses oleh pengguna yang berwenang.

Leave a Reply

0878-8216-30300856-9120-2326