0

No products in the cart.

4 Cara Papan Tulis Interactive Meningkatkan Kolaborasi di Dalam Kelas

August 20, 2018 Categories: Uncategorized.
touch-interactive-whiteboard

Lewat sudah hari-hari di mana guru menulis materi pelajaran di papan tulis saat memberi penjelasan ke murid-murid. Bahkan sekarang ini, proyektor biasa juga sudah dianggap kuno.

Sekolah kini menggunakan layar besar interactive seperti smart board Samsung Flip dan proyektor inovatif. Penggunaan papan tulis interactive bukanlah tanpa alasan, karena sebuah penelitian yang dilakukan Smart Technologies menemukan bahwa teknologi kolaboratif dan belajar secara berkelompok membuat tingkat keberhasilan siswa 3,4 kali lebih besar.

“Hasilnya meningkatkan keberhasilan siswa ketika teknologi digunakan dalam lingkungan pembelajaran kolaboratif,” kata CEO Smart Technologies Neil Gaydon dalam penelitian tersebut.

Dari kolaborasi hingga pembelajaran yang lebih mendalam, berikut adalah empat cara teknologi interaktif membentuk ulang cara belajar di kelas.

interactive board

1. Pengajaran Kolaboratif dengan Teknologi Meningkatkan Pembelajaran Sosial

Studi ini menemukan bahwa aktivitas belajar kelompok yang sering terjadi di ruang kelas, yang didukung dengan teknologi, dapat meningkatkan pengembangan keterampilan sosial-emosional sebanyak 20 persen lebih tinggi ketimbang yang tidak. Para siswa juga menunjukkan bahwa mereka 13 persen lebih percaya diri untuk berkontribusi dalam diskusi di kelas.

“Pengembangan keterampilan sosial dan emosional dipilih sebagai metrik dalam studi ini karena, mendorong kolaborasi dan keterampilan komunikasi pada siswa sangatlah penting untuk membangun karakter seorang pemimpin di sebuah bisnis dan pemerintahan,” menurut hasil penelitian.

smart blackboard

2. Tampilan Interaktif Mendorong Kolaborasi secara Real-Time

Smart board memfasilitasi kolaborasi yang diperlukan bagi siswa untuk mengembangkan keterampilan ini. Membuat sistem audience response pada layar interaktif mempermudah siswa menggunakan perangkat untuk berpartisipasi dalam survei kelas, kuis dan permainan, kemudian menganalisis hasilnya secara real time, menurut blogpost dari SafeStop.

Menyandingkan Smart Board dengan webcam juga merupakan cara efektif untuk menggabungkan streaming langsung dan obrolan video (video chat) ke dalam kelas dengan para pakar di lokasi berbeda.

tekonologi-papan-tulis-interactive

3. Layar Display Baik untuk Investasi Teknologi Jangka Panjang

Menurut ulasan Channel Pro, untuk sekolah-sekolah di Sarasota County di Florida, layar Promethean ActivPanel merupakan opsi yang paling cocok karena biaya perawatannya lebih murah ketimbang papan tulis tradisional. Selain itu, perangkat ini menggunakan teknologi layar sentuh yang disukai para siswa.

Dengan 10 titik sentuh yang berbeda, siswa dapat bekerja bersama untuk memecahkan soal. Layar interactive whiteboard ini juga mendukung keyboard nirkabel.

“Ketika guru memanggil mereka ke depan kelas, layar datar interaktif membebaskan siswa untuk menggunakan alat yang paling nyaman bagi mereka, baik itu sentuhan, pena digital / stylus, atau keyboard nirkabel,” masih menurut artikel tersebut.

proyektor interactive

4. Proyektor Inovatif Bisa Membuat Papan Tulis Interaktif di Mana Saja

Meski tidak bisa dibilang papan tulis interactive sungguhan, Epson BrightLink adalah proyektor interaktif yang dapat dipasang di ruang apa pun dan mengubah permukaan apa pun menjadi layar sentuh.

“Tidak ada bagian depan atau belakang kelas. Di mana pun Anda duduk, Anda memiliki pengalaman yang sama, ”kata Direktur Teknologi Sekolah Preparatory di Tampa, Chad Lewis, dalam artikel EdScoop.

Berkat aplikasi proyektor terbaru, BrightLink dapat terhubung tidak hanya ke perangkat seluler tetapi juga ke perangkat paling populer di kelas: Chromebook. Menggunakan aplikasi, siswa dan guru dapat secara nirkabel menampilkan layar ke hingga 4 Chromebook.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0878-7529-5340