0

No products in the cart.

8 Tips dan Trik Menghasilkan Video 360 Yang Memukau

August 13, 2019 Categories: Digital & Electronics.

Baru saja membeli kamera 360? Ingin tahu bagaimana cara terbaik merekam video 360? Kami telah memotret dengan kamera 360 selama dua tahun terakhir dan juga memiliki lebih dari 8 kamera jenis ini. Merekam dengan kamera 360 tidak sama dengan merekam video biasa, dan ada beberapa trik yang membuat prosesnya jauh lebih mudah, dan secara drastis dapat meningkatkan kualitas video. Jadi mari kita mulai, berikut 8 tips merekam video 360 untuk hasil yang lebih baik (juga berlaku untuk fotografi).

memory-card-kamera-360

1. Gunakan memory card berkecepatan tinggi

Sebelum mulai merekam, pastikan kartu microSD yang Anda gunakan berkualitas. Berkualitas di sini artinya kecepatan tulis tinggi 90 mbps atau lebih. Ini penting karena sebagian besar kamera 360 keluaran terbaru merekam pada resolusi 4K. Nah, kartu SD dengan spek rendah tidak akan mampu menulis file besar seperti itu. Hal tersebut menyebabkan kamera berhenti merekam setelah beberapa detik.

Kami merekomendasikan Sandisk Extreme. Kami menggunakan memory card ini di kamera 360 kami tanpa masalah. MicroSD merek lain dengan kecepatan transfer 95mbps atau lebih juga bisa digunakan di kamera 360.

tongkat-selfie

2. Tongkat Selfie tak terlihat

Ingin menyembunyikan tongkat selfie Anda dan membuat kamera 360 tampak seolah-olah mengambang di udara? Yang perlu Anda lakukan ialah memindahkan kamera Anda ke posisi seperti di gambar ini.

Kelihatannya mungkin agak aneh, karena lensa tidak langsung mengarah ke Anda. Namun ingat bahwa merekam dalam 360 derajat berarti Anda selalu berada dalam pantauan kamera, terlepas kemana lensa diarahkan. Menggunakan kamera Anda seperti ini akan memposisikan tongkat selfie dalam zona blind spot.

3. Hands free dengan trik kantong

Ingin kedua tangan Anda bebas saat sedang merekam video 360? Yang perlu dilakukan hanyalah memasukan tongkat selfie ke dalam saku celana. Cara ini lebih efektif ketika saku Anda agak ketat dan menggunakan tongkat selfie yang ramping, sehingga bisa menahan posisi tongkatnya. Dengan cara ini, tongkat selfie juga bakal hilang dari pantauan kamera.

Panjangkan tongkat selfie agar kamera tampak seperti melayang di atas kepala Anda.

tripod-kamera-360

4. Tripod terbaik untuk kamera 360

Jika Anda ingin merekam video 360 statis, gunakan tripod yang langsing dan tidak memiliki bagian-bagian menonjol. Dengan begitu, ketika kamera 360 dipasangkan ke tripod, bodi tripod di bawah kamera tidak ikut terekam.

5. Bersihkan lensa secara rutin

Kamera 360 memiliki setidaknya 2 lensa besar yang menonjol keluar dari bodi kamera. Dengan begitu, lensa kamera 360 mudah terkena noda jari Anda. Jika lensa tidak sering dibersihkan, kualitas video yang Anda rekam tidak akan bagus.

Bahkan sedikit noda pada lensa dapat menyebabkan rekaman yang buram dan tidak dapat digunakan. Jadi setiap kali Anda memegang kamera, bersihkan dengan kain. Untungnya ketika membeli kamera 360, Anda juga akan mendapatkan kain pembersihnya.

6. Jaga jarak

Jangan menempatkan obyek terlalu dekat dengan kamera 360. Jika terlalu dekat, gambar akan tampak terdistorsi dan terpotong menjadi dua. Jarak yang ideal pun berbeda untuk tiap-tiap kamera 360. Oleh karena itu, ada baiknya lakukan uji coba terlebih dahulu dengan kamera 360 yang Anda gunakan.

7. Arahkan lensa depan ke objek yang ingin Anda rekam

Meski penonton dapat melihat ke mana saja kapan saja, tetapi titik awalnya adalah yang paling penting. Temukan titik paling menarik di lingkungan yang Anda potret/rekam dan pastikan lensa depan diarahkan langsung ke situ sebagai titik fokus. Proses editing bisa mengubah posisi awal, tapi cara tadi setidaknya akan menghemat waktu Anda.

8. Pencahayaan yang merata

Salah satu yang harus Anda perhatikan saat merekam video 360 adalah mengetahui dari mana cahaya berasal, dan pastikan tidak ada lensa yang mengarah ke sumber cahaya. Jika satu lensa menunjuk langsung ke sumber cahaya utama dan lensa yang satunya lagi mengarah ke titik berlawanan, maka garis jahitan di mana gambar dari kedua lensa bertemu akan terlihat jelas.

Untuk menghindari hal ini, sebisa mungkin sumber cahaya utama berada pada titik temu di antara masing-masing lensa.

Bonus

Hemat baterai

Hampir semua kamera 360 yang kami gunakan memiliki aplikasi khusus yang memungkinkan koneksi langsung ke kamera untuk melihat pratinjau gambar dan mengubah pengaturan. Ini bisa berguna untuk mengatur pemotretan. Namun membiarkan kamera tetap terhubung ke ponsel terlalu lama bisa menghabiskan daya baterai dengan cepat. Oleh karena itu, pastikan hanya menghubungkannya ke ponsel ketika Anda perlu mengatur pemotretan atau mentransfer file. Lagi pula, hanya butuh beberapa detik untuk terhubung kembali.

Leave a Reply

0878-8216-30300856-9120-2326