0

No products in the cart.

Perlukah Kamu Membeli Kamera 360

September 24, 2018 Categories: Uncategorized. Tags: insta 360 and kamera 360.
gambar 360 insta

Dengan uang sebesar 5 juta-an kamu sudah bisa mendapatkan kamera yang mampu memotret foto dan merekam video 360 °. Jika saat ini kamu sedang mencari kamera 360, luangkan waktu sejenak untuk membaca pros dan cons dari kamera jenis ini.

Pros

Salah satu keunggulan kamera 360 adalah kemampuannya merekam dengan efek photosphere dan video 360. Dengan kamera biasa, kamu harus menjepret belasan foto dan kemudian “menjahitnya” untuk mendapatkan hasil yang sama.

Teman dan keluarga bisa dengan mudah menikmati hasil video 360 yang kamu ambil. Saat ini, ada banyak website yang memuat foto dan video 360 seperti Facebook, Flickr dan YouTube. Di sana, kamu bisa melihat bermacam-macam video 360 yang pastinya terlihat keren dan unik. Dan tidak hanya itu, dengan kamera 360 kamu bisa menggunakan efek-efek keren yang tersedia seperti efek foto/video tiny planet.

kamera 360 sphere

Beberapa kamera seperti, Insta 360 One, Garmin 360 dan GoPro Fusion, memungkinkan kamu meng-crop video bundar (spherical) untuk membuat video 1080p hanya menggunakan bagian yang kamu suka dari footage yang kamu rekam. Selain itu, fitur stabilizer-nya membuat hasil video terlihat profesional dan tidak shaky. Dengan begitu, orang yang menonton hasil rekamanmu tidak akan mengalami mual akibat pengambilan video yang tidak stabil.

Cons

Menurut beberapa orang hasil resolusi video dari kamera 360 masih kurang optimal. Meski kamera 360 keluaran sekarang sudah banyak yang mengusung resolusi 4K, kualitas 4K-nya tidak bisa disamakan dengan yang dihasilkan kamera biasa. Kamera 360 menggunakan jumlah piksel yang sama untuk menampilkan keseluruhan gambar sphere di sekitar kamera, bukan hanya sudut sempit di depannya. Secara alami, hasil gambar atau video yang diambil akan terlihat lebih soft dibanding kamera biasa. Jika kamu melihat hasil video di monitor besar, kurangnya detail ini sangat terlihat. Pada sesuatu yang lebih kecil seperti layar smartphone, hal tersebut tidak terlalu kentara. Beberapa kamera 360 memotret dalam resolusi yang lebih tinggi untuk mendapatkan detail yang lebih baik.

Kamera 360 juga cukup ringkih. Karena lensanya ada dua, meletakkan kamera di suatu tempat bisa menyulitkan. Bahkan casing pelindungnya sendiri berpotensi merusak lensa pada saat kamu mengeluarkan dan memasukan kamera.

kamera360 tripod

Yang terakhir, kamu harus mempelajari cara menggunakannya supaya bisa menghasilkan hasil rekaman yang ciamik. Dengan kamera biasa, mengambil foto dan video hanya membutuhkan framing. Nah, dengan kamera 360 tidak ada framing, yang ada hanyalah placement atau peletakan. Pada kondisi atau keadaan tertentu, penggunaan kamera 360 tidaklah ideal. Namun yang pasti, kamu bisa menggunakannya setiap saat jika tujuannya hanya untuk berbagi seputar kehidupanmu. Tapi, jika kamu bertujuan mengambil sebuah foto atau video yang benar-benar bagus, ada proses belajar yang harus kamu lewati.

Kesimpulan

Pemikiran saya secara keseluruhan adalah: jika kamu benar-benar memahami keterbatasan format dan perangkat ini, kamu bisa mempertimbangkan untuk membelinya. Saya sendiri menggunakan insta 360 one dan saya suka dengan hasil yang saya dapatkan. Kendati demikian, saya juga masih menggunakan kamera biasa dan beberapa lensa untuk mengambil foto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

0878-7529-5340