0

No products in the cart.

Pemanfaatan Teknologi Kamera 360

July 3, 2020 Categories: Digital & Electronics.
teknologi-kamera-360

Teknologi kamera 360 memungkinkan kita mengambil mengambil dan merekam objek dengan sudut 360°. Kamera ini kian banyak diterapkan di berbagai bidang, dari dunia hiburan kemudian dunia olahraga hingga bisnis properti. Intinya adalah, teknologi Camera360 ini dianggap mampu memuaskan pandangan mata terhadap suatu objek – objek yang diam ataupun objek yang bergerak.

Setelah drone dan action camera, kini tren mulai bergeser pada kamera 360°. Sejak beberapa tahun terakhir, teknologi Camera360 semakin jamak digunakan. Alasannya teknologi ini mampu memanjakan pandangan mata secara maksimal. Pada dasarnya kamera 360 adalah kamera yang memungkinkan kita untuk mengambil gambar dari semua sudut sehingga mampu menghasilkan video yang dapat dilihat dari berbagai sisi – depan, belakang, samping, atas dan bawah.

Umumnya Camera360 mempunyai dua lensa atau lebih yang mampu tersinkronisasi untuk mengambil dan menggabungkan gambar secara bersamaan. Hasilnya kamera mampu menghasilkan gambar yang tajam dan akurat, dengan distorsi yang menakjubkan. Dunia olahraga telah menerapkan teknologi ini demi memuaskan mata penonton dengan video tayangan ulang atau reply. Teknologi 360 membuat penonton stadion dapat menyaksikan dari berbagai sudut, tanpa terhalang sedikitpun.

Dari sepak bola La Liga Spanyol, pertandingan basket NBA hingga baseball NFL dan dunia otomotif khususnya mobil juga tidak ketinggalan mengaplikasikan teknologi ini . Produsen mobil telah menyematkan Camera360 pada kendaraan besutannya, seperti Isuzu MUX Premiere untuk tampilan around view monitoring pada fitur head unit-nya.

Penggabungan empat posisi kamera di mobil ini merefleksikan gambar 360° dari luar kabin mobil yang bisa memonitor zona aman ataupun bahaya di sekitar mobil. Teknologi gambar dan video 360° juga mulai digunakan dalam bisnis properti seperti menggabungkan teknologi 360 dengan virtual reality. Dengan begitu, orang bisa merasakan virtual tour dan melihat ruangan secara 360°.

Sementara untuk smartphone, essential buatan bapak Android, Andy Rubin, menjadi ponsel pertama yang menawarkan aksesori kamera 360. Secara potensi, keberadaan Camera 360 derajat membuka berbagai kemungkinan baru dalam hal penyampaian informasi yang berbeda dari kamera konvensional.

Perusahaan teknologi raksasa seperti Google dan Facebook cepat tanggap dalam menyambut potensi teknologi 360. Mereka memperkenalkan platform untuk konten 360 derajat agar semua orang bisa menikmati video dan foto berformat 360° langsung lewat situs maupun aplikasi Facebook dan YouTube. Perangkat-perangkat yang berbasis teknologi 360 dengan berbagai konektivitas terus bersaing di pasaran. Hal ini tentu menjadi tantangan bagi anda para kreator, agar bereksperimen lebih maksimal dan memanfaatkan teknologi kamera yang sangat potensi ini.

Leave a Reply

0878-8216-30300856-9120-2326