0

No products in the cart.

Apa yang Konsumen Inginkan Dari Iklan Digital Signage

May 23, 2019 Categories: Uncategorized. Tags: digital signage.

Penelitian terbaru yang dilakukan Kinetic Panel memberikan wawasan menarik tentang kebiasaan konsumen ketika berinteraksi dengan iklan digital signage.

Banyak yang mengatakan bahwa iklan digital merupakan sesuatu yang wajib untuk bisnis, tapi hanya sedikit informasi tentang bagaimana sebuah iklan bisa mempengaruhi perilaku konsumen.

Namun, penelitian yang dilakukan Kinetic Panel menghasilkan temuan menarik!

Bagaimana dampak iklan digital terhadap konsumen?

Penelitian Kinetic Panel melibatkan 1.000 konsumen dengan memberikan pertanyaan tentang apa yang mereka cari setelah melihat iklan di digital signage. Hampir seperlima (19%) dari mereka mengatakan, mereka mencari lebih banyak informasi tentang produk dan layanan yang diiklankan. Jumlah ini meningkat menjadi 24% di rentang usia yang lebih muda (usia 18 -24 tahun).

Menariknya, 23% dari demografis dengan usia yang lebih muda, mengunduh aplikasi seluler setelah melihat iklan di digital signage, dibandingkan dengan hanya 1 dari 10 orang dewasa.

Seharusnya ini tidak mengherankan sebab generasi muda cenderung lebih banyak berinteraksi dengan poster digital ketimbang generasi yang lebih tua.

Namun, menurut penelitian, ada metode yang dapat digunakan pengiklan untuk menjangkau lebih banyak demografis yang lebih dewasa, yakni dengan memperluas daya tarik poster digital, dengan memberikan ‘informasi lokasi yang spesifik’.

Penelitian ini menemukan bahwa orang dewasa menginginkan informasi lokasi yang spesifik dari poster digital. Sekitar 48% dari 1.000 peserta penelitian mengatakan, mereka menginginkan informasi cuaca.

Lebih lanjut, 38% dari mereka mengatakan, digital signage harus menampilkan info tentang transportasi; ini meningkat menjadi 50% di kelompok peserta yang berusia antara 55 – 64 tahun.

Selain itu, 29% mengatakan mereka ingin melihat peta yang lebih interaktif di lokasi publik, 32% mengatakan pentingnya menayangkan berita terkini, dan 30% menginginkan informasi terkait acara-acara lokal.

Sekitar seperempat responden mengatakan, untuk membuat digital signage lebih ‘berguna’, perangkat ini seharusnya dilengkapi port pengisian baterai untuk perangkat seluler. Dengan begitu, pemirsa/penonton berpotensi tinggal lebih lama dan melihat iklan yang disiarkan.

Penelitian Kinetic Panel lebih lanjut mengidentifikasi layanan ritel langsung sebagai peluang untuk memaksimalkan potensi poster digital, terutama ketika 1 dari 10 responden mengatakan mereka ingin fitur belanja langsung dari layar digital signage.

Bahkan, hampir sepertiga dari mereka yang berusia 25 hingga 34 tahun menantikan fitur tersebut tersedia di sistem digital signage di masa depan.

Konten apa yang diminati konsumen?

Mereka yang berusia 18 – 34 tahun mengatakan enggan mengunduh konten dari layar digital signage. Namun, mereka mungkin melakukannya jika konten ada hubungannya dengan mereka.

Konten yang paling menarik minat mayoritas konsumen pada kelompok usia 18 – 34 tahun adalah yang berkaitan dengan penawaran khusus. 43% dari peserta penelitian mengatakan, mereka akan mengunduh voucher ritel dari situs yang bisa diakses melalui poster digital.

Konten yang sifatnya menghibur juga penting. Sebanyak 24% dari mereka mengatakan, mereka tertarik dengan aplikasi atau game. Masih dalam rentang usia yang sama, 27% dari mereka menginginkan informasi perjalanan, sementara seperempatnya mengatakan konten harus memberikan informasi tempat makan dan wisata di sekitar mereka.

Untuk pasar anak muda, khususnya yang berusia 18-24 tahun, layanan media sangat penting dengan 29% dari demografis ini mengatakan, mereka akan mengunduh klip film, acara TV, game atau musik terbaru ke ponsel mereka setelah mereka melihatnya pada layar digital signage.

Penelitian ini bermanfaat bagi pengiklan karena memungkinkan mereka untuk membuat konten yang lebih spesifik sesuai dengan demografis yang mereka target.

Dari hanya 1000 responden, kita dapat melihat bahwa konsumen menginginkan konten yang bervariasi. Pada akhirnya, terlepas dari perbedaan demografi, terdapat kesamaan; konsumen menginginkan konten yang informatif dan relevan bagi mereka.

Leave a Reply

0878-8216-30300856-9120-2326