0

No products in the cart.

Gunakan Videotron dan Digital Signage untuk Mendongkrak Laba

June 9, 2020 Categories: Digital & Electronics.

Digital signage merupakan metode pemasaran yang sangat menguntungkan yang sudah banyak digunakan oleh berbagai industri termasuk perbankan, kesehatan, restoran, perhotelan, pendidikan dan ritel. Videotron dan digital signage digunakan hampir di mana-mana seperti di pinggir jalan, ruang tunggu, pompa bensin, toko dan lobi gedung.

Signage display juga digunakan untuk memberikan pengaruh positif terhadap karyawan. Misalnya, dengan cara menampilkan pesan yang memotivasi dan menginspirasi karyawan pada saat-saat tertentu. Selain itu, teknologi ini acap digunakan perusahaan untuk memproyeksikan deadline, menampilkan kalender dan mengumumkan pesan penting.

Kini banyak perusahaan yang mulai memasukan digital signage dan videotron ke dalam anggaran pemasaran. Dengan begitu, jumlah perusahaan yang menggunakan digital signage diprediksi terus meningkat.

Digital signage memberikan keuntungan

Salah satu alasan dari penggunaan digital signage yaitu untuk mengurangi overhead marketing. Berbeda dengan materi printing yang tentunya tidak bisa direvisi setelah dicetak, perubahan pada materi digital signage mudah dilakukan, bahkan hanya dalam hitungan detik. Karena materi ditampilkan secara digital, Anda tak perlu lagi menunggu lama untuk printer mengeluarkan hasil cetak.

Bisnis yang menggunakan teknologi ini tak hanya menghemat uang yang biasanya dihabiskan untuk mencetak materi marketing, tapi juga menuai lebih banyak revenue. Banyak pebisnis yang mengakui adanya peningkatan penjualan dan bahkan prospek karena iklan digital mereka.

Mengapa penggunaan digital signage menguntungkan?

Periklanan merupakan industri yang menguntungkan. Ini masuk akal karena pemasaran yang baik akan mendorong penjualan. Iklan tradisional memang masih menguntungkan, tapi ketika pengiklan menggunakan digital signage, keuntungannya berpotensi menjadi lebih besar. Tingkat profitabilitas yang tinggi ini tak lepas dari tiga faktor utama berikut:

  • Iklan digital signage bisa dibuat interaktif, dan ini akan mendorong penjualan
  • Teknologi digital dapat digunakan untuk melacak perilaku / minat konsumen
  • Iklan digital lebih menarik perhatian daripada pesan dan gambar statis

Pengalaman interaktif yang dinamis membantu mendorong penjualan

Misalnya, layar sentuh bisa meningkatkan engagement dengan adanya interaksi di layar lewat survey atau permainan. Saat minat seseorang berhasil “ditangkap” melalui interaksi tadi, mengubahnya menjadi prospek atau bahkan penjualan akan jauh lebih mudah (tergantung dari apa yang dijual).

Pesan dapat dijadwalkan dan aktif pada waktu-waktu yang ditentukan. Jika ada perubahan, pesan bisa langsung direvisi secara real-time melalui web browser.

Software digital signage umumnya sudah memiliki template yang bisa langsung digunakan. Pengguna hanya perlu menyesuaikan isi pesan ke dalam template yang sudah ada. Dengan begitu, biayanya jauh lebih murah ketimbang menyewa desainer grafis untuk membuat pesan khusus. Namun, pengguna juga dapat membuat template dan pesan mereka sendiri jika template yang tersedia kurang sesuai dengan apa yang mereka mau.

Layar interaktif sangat bagus untuk pameran dagang dan konferensi, di mana orang cenderung menambah network dan berlalu-lalang di area umum. Tempat-tempat lain seperti restoran juga sudah banyak yang mulai menggunakan digital signage berkuruan tablet, yang umumnya diletakkan di atas meja. Perangkat seluler ini berfungsi sebagai menu, tapi juga memungkinkan pelanggan membayar makanan tanpa harus beranjak ke kasir. Ketika menu sudah dipilih, perangkat bisa menampilkan berbagai iklan dan menawarkan permainan untuk anak-anak.

Digital signage dapat digunakan untuk melacak minat konsumen

Dengan integrasi teknologi biometrik, digital signage dapat melacak di mana konsumen menghabiskan waktu paling banyak. Misalnya, toko elektronik dapat menggunakan heat mapping biometrik untuk mengetahui dengan tepat, area di mana pelanggan menghabiskan waktu paling banyak melihat-lihat dan kemudian mengisi area tersebut dengan promosi khusus. Cara ini dapat mendorong lebih banyak penjualan.

Iklan digital lebih menarik perhatian daripada gambar statis

Iklan digital cenderung lebih menarik perhatian daripada gambar statis. Dengan teknologi display yang terus berkembang, kualitas gambarnya saja sudah mampu menarik perhatian. Ketika melewati sebuah iklan, orang-orang cenderung menoleh untuk melihatnya karena ada suara atau gerakan yang menarik perhatian mereka.

Digital signage merupakan komponen penting dalam pemasaran

Tak heran bahwa teknologi digital display telah menjadi bagian penting dari pemasaran modern. Bagi perusahaan yang menginginkan hasil lebih baik, berinvestasi dalam digital signage akan menghasilkan ROI yang positif.

Leave a Reply

0878-8216-30300856-9120-2326