0

No products in the cart.

Mengapa Digital Signage Efektif

August 26, 2020 Categories: Digital & Electronics.
digital-signage-efektif

Digital signage merupakan alat komunikasi penting saat ini. Ada banyak penelitian yang menunjukkan keefektifan teknologi papan reklame digital. Misalnya, sebuah studi tahun 2010 menemukan bahwa 70% orang Amerika telah melihat display digital dalam sebulan terakhir dan 52% melihatnya dalam seminggu terakhir. Melompat ke tahun 2020, Anda dapat bayangkan angka-angka ini semakin bertambah secara signifikan.

Selain banyak yang melihat, mereka juga menghabiskan lebih banyak waktu untuk berinteraksi dan mengingat lebih banyak informasi yang ditampilkan.

Digital signage terbukti lebih efektif daripada poster cetak tradisional karena alasan berikut:

Konten digital signage bersifat dinamis. Kombinasi video dengan warna-warna cerah membuat layar digital signage sulit diabaikan. Karena perangkat tersebut mendukung file video dan konten animasi, digital signage menarik perhatian lebih baik daripada jenis media komunikasi lainnya. Digital signage juga selalu update karena konten bisa diisi dengan berita terkini dari RSS feeds dan media sosial. Kemampuan untuk menyebarkan konten apa pun kapan saja, dari lokasi mana pun, membuat digital signage lebih dinamis ketimbang medium lainnya.

Digital signage meningkatkan penjualan. Studi demi studi telah membuktikan bahwa layar digital signage menjual lebih banyak produk dibandingkan bentuk reklame lainnya. Tampilan dinamisnya bisa dibilang “salesman tak terlihat” di abad ini. Digital signage selalu ada dan siap membantu pembeli dengan menampilkan fitur dan manfaat produk, harga dan masih banyak lagi. Iklan TV dapat digunakan kembali dengan cara ditampilkan pada layar signage, dicampur dengan informasi produk yang dijual, dan konten lainnya yang menarik bagi pembeli.

Digital signage berkomunikasi dengan lebih baik. Display yang dipasang di kantor, cafetaria, dan area umum terbukti jauh lebih efektif daripada menggunakan “papan buletin” tradisional. Konten yang ditampilkan pada layar dapat diperbarui terus-menerus untuk memberikan aliran informasi dan hiburan tanpa henti. Display yang dipasang di call center dapat dihubungkan ke sistem informasi otomatis untuk menunjukkan waktu respon panggilan dan statistik berguna lainnya. Data dan statistik bisnis bisa ditampilkan secara real-time di layar yang menghadap karyawan. Sistem ini memastikan staf disuguhkan informasi terkini sehingga keputusan bisa diambil dengan cepat dan efisien.

Digital signage mengirimkan konten secara instan. Bisa mempublikasikan pesan dan konten media secara instan di seluruh jaringan yang terhubung dengan display sangat penting untuk berbagai kebutuhan. Misalnya, toko ritel dan operator restoran cepat saji menggunakannya untuk menampilkan informasi harga terkini pada papan menu.

Digital signage sebagai navigator. Denah penunjuk arah sangat diuntungkan dari teknologi digital signage. Yang dulunya masih menggunakan papan tradisional, kini berevolusi menjadi sistem informasi pengunjung yang interaktif. Dengan cara pairing dari hardware digital signage ke layar sentuh, operator kini bisa memberikan pengalaman multimedia interaktif yang lengkap. Biasanya, tata letak 2D atau 3D ditampilkan di layar sentuh dan pengunjung dapat menavigasi hanya dengan menunjuk ke tujuan mereka. Sebuah jalur kemudian ditampilkan pada display, terkadang disertai dengan tur video yang menunjukkan arah ke tujuan. Informasi tambahan juga bisa diperoleh melalui kode QR yang dipindai pengunjung dengan smartphone mereka atau menggunakan SMS dan teknologi serupa lainnya.

Digital signage sebagai mesin penghasil uang. Bisnis jaringan periklanan digital signage sangat menguntungkan dan terus berkembang. Panel layar datar yang ditempatkan secara strategis untuk visibilitas maksimum sangat penting bagi pemilik merek dan pengiklan. Teknologi pengukuran pemirsa sering kali diintegrasikan dengan display digital signage untuk memberikan profil penayangan yang akurat. Pemasar dan biro iklan dapat menyesuaikan tayangan iklan dengan demografi untuk membuat kampanye iklan yang tertarget. Kemampuan digital signage untuk memberikan konten tertentu berdasarkan lokasi display atau demografis menjadikannya alat penting dalam program periklanan modern.

Digital signage sebagai alat untuk memotivasi. Manajemen perusahaan memahami bahwa komunikasi yang lebih baik dan efektif dapat membantu memberdayakan karyawan yang berada di lokasi terpencil. Sudah menjadi fakta umum bahwa staf lapangan seperti staf penjualan, pengemudi truk, dan staf jarak jauh lainnya terkadang merasa sedikit terisolasi dan terpisah dari kantor pusat. Arahan dan pesan lainnya dari perusahaan tidak selalu sampai ke lokasi terpencil. Jika ini terjadi, karyawan bakal merasa bukan bagian dari perusahaan. Digital signage dapat menampilkan konten apa pun dalam jarak berapa pun dengan biaya yang sangat murah. Tidak ada batasan jumlah display yang dapat digunakan. Pembaruan dapat dikirim kapan saja dan akan dilihat oleh seluruh karyawan dan staf, terlepas dari lokasinya.

Digital signage sebagai alat informasi dan edukasi. Konten yang ditampilkan dapat disesuaikan dengan masing-masing viewer. Pelanggan disajikan dengan iklan atau konten produk, sementara staf/karyawan diberikan konten pelatihan dan informasi lainnya seputar bisnis. Intinya untuk memaksimalkan ROI dengan memanfaatkan seluruh jaringan digital signage.

Digital signage sebagai perangkat hiburan. Salah satu penggunaan teknologi digital signage yaitu untuk menghibur pemirsanya. Ini bisa diaplikasikan di tempat-tempat dengan waktu tunggu yang lama seperti di dalam lift, ruang tunggu, kasir toko, kantor pemerintah, dan lokasi serupa lainnya. Display yang terletak di area ini dapat menampilkan konten hiburan untuk membantu mengurangi kebosanan. Dengan begitu, pengalaman pelanggan dan pengunjung akan lebih baik di semua tempat. Dalam kasus ini, sebaiknya sisipkan iklan, infotainment, dan berita untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Digital signage memberikan kesan yang berani. Konsep rambu lingkungan yang inovatif memungkinkan arsitek dan dekorator interior menggunakan digital signage sebagai elemen dekoratif. Ketika digital signage dibebaskan dari orientasi horizontal dan vertikal, Anda akan disuguhkan fasad bangunan yang dramatis dan lobi yang mengundang orang untuk masuk. Menggunakan video wall dan animasi abstrak, dekorator dapat dengan mudah memperbarui tampilan ruang terbuka atau mengubah suasana tergantung pada waktu, acara, atau kriteria lainnya. Display LED dan panel datar dapat diatur dalam berbagai konfigurasi untuk memaksimalkan dampak visual.

Leave a Reply

0878-8216-30300856-9120-2326